Mother&Baby Indonesia
Agar Nutrisinya Tak Hilang, Begini Cara Memotong Sayuran

Agar Nutrisinya Tak Hilang, Begini Cara Memotong Sayuran

Tahukah Moms, ternyata memotong sayuran itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, lho! Memotong sayuran harus dilakukan dengan benar agar nutrisi yang terkandung di dalam sayuran tetap terjaga.

Dikutip dari laman NDTV Food, memotong sayuran dengan menggunakan pisau tumpul atau memotong sayuran dengan potongan terlalu kecil cenderung dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lantas, bagaimana memotong sayuran yang baik dan benar? Yuk, baca penjelasan berikut ini, Moms.

1. Hindari Memotong Sayuran Terlalu Kecil

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food & Science, risiko perubahan warna, dehidrasi, dan hilangnya nutrisi cenderung meningkat seiring dengan semakin kecilnya potongan-potongan sayuran.



Misalnya, selada atau kubis biasanya memiliki umur yang lebih pendek, sehingga semakin halus Anda memotong sayurannya, semakin cepat Anda harus mengonsumsinya, mengingat sayuran tersebut memiliki risiko lebih besar untuk rusak dalam waktu yang singkat.

2. Gunakan Pisau yang Tajam

Masih menurut penelitian yang sama, memotong sayuran dengan menggunakan pisau tumpul dapat menyebabkan kerusakan nutrisi yang tidak perlu dan tidak diinginkan. Artinya, Anda cenderung meningkatkan hilangnya elektrolit seperti kalium dan kalsium dari sayuran Anda.

Kehilangan beberapa nutrisi penting dalam sayuran ini juga pada gilirannya dapat menghasilkan peningkatan jumlah produksi bau busuk. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pisau tajam dan bersih untuk menjaga agar berbagai nutrisi dalam sayuran Anda tetap utuh.



3. Tidak Semua Sayuran Harus Dikupas Kulitnya

Perlu diketahui ya Moms, tidak semua sayuran harus dipotong dan dikupas, seperti tomat, mentimun, kentang baby, dan terung. Usahakan untuk tidak mengupas seluruh kulitnya agar mendapatkan nutrisi yang maksimal. 

4. Cuci Sayuran Sampai Bersih

Mencuci sayuran hingga bersih sebelum memotong atau mengupas adalah langkah penting yang tidak boleh Moms lewatkan. Mencuci sayuran bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri berbahaya yang mungkin menempel pada lapisan luar sayuran. Sebaliknya, mencuci sayuran setelah dipotong atau dikupas dapat menyebabkan hilangnya vitamin, seperti vitamin yang larut dalam air yang bermanfaat.

5. Mengupas Sayuran

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengupas kulit sayuran, terutama wortel, menggunakan tangan dengan bantuan alat pengupas menunjukkan lebih sedikit risiko kontaminasi bakteri dibandingkan dengan wortel yang melalui proses pengupasan menggunakan mesin di pabrik.

Bakteri seperti Escherichia coli dan Listeria innocua lebih kecil kemungkinannya terdapat pada wortel yang dikupas dengan tangan daripada wortel versi olahan pabrik. Oleh karena itu, sebaiknya Moms membeli sayuran seperti wortel dalam bentuk utuh kemudian dikupas dan dipotong sendiri di rumah dengan tangan daripada membeli sayuran yang sudah dikupas dan dipotong sebelumnya. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: sayuran,   nutrisi,   memotong sayuran