Mother&Baby Indonesia
8 Buah dengan Kandungan Protein Tinggi untuk Jaga Imun Tubuh

8 Buah dengan Kandungan Protein Tinggi untuk Jaga Imun Tubuh

Menjaga imunitas tubuh dinilai krusial untuk mencapai tubuh yang bugar serta tidak mudah jatuh sakit. Tahukah Moms bahwa protein berperan besar dalam menjadi sumber energi sekaligus menjaga imun tubuh? Bahkan protein mampu menyimpan nutrisi serta menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Ini pula yang membuat protein kerap berkaitan dengan diet sehat bagi yang rutin berolahraga atau sedang membangun otot. Seseorang yang gemar mengonsumsi protein disinyalir mampu meminimalisir kehilangan otot yang terjadi saat ia mulai menua.

Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, rata-rata angka kecukupan konsumsi protein bagi masyarakat adalah sekitar 57 gram per hari. Dosis standar dalam sehari per 1 kilogram dari berat badan adalah 0.8 hingga 1 gram protein



Umumnya, produk yang berasal dari hewan kerap dijadikan pilihan makanan dengan kandungan protein tinggi, seperti keju, telur, daging, susu, yoghurt, dan masih banyak lagi. Namun, protein yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya didapat dari hewani. Anda juga bisa memenuhi protein dengan banyak mengonsumsi buah-buahan.

Ya, buah yang dikenal kaya akan vitamin serta serat juga bisa menjadi asupan protein yang akan melengkapi menu sehat Anda, Moms. Apa saja buah yang memiliki kandungan protein yang tinggi ini? Berikut buah dengan kadar protein tertinggi.

1. Jambu Biji

Setiap 100 gram jambu biji mengandung 2,6 gram protein. Selain itu, buah ini juga diketahui mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan imunitas sekaligus kesehatan kulit. Ditambah pula, buah dengan daging berwarna merah di bagian dalam ini dikenal sebagai sumber serat yang baik dan memiliki banyak kandungan antioksidan.

2. Kurma

Kurma merupakan buah tinggi protein, yakni sebanyak 2,4 gr protein. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung kalium tinggi yang membantu menghindari beberapa masalah kesehatan dan merupakan sumber serat yang baik untuk membuat gula darah tetap stabil.

3. Alpukat

Memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi, alpukat mengandung 2 gram protein untuk tiap 100 gram alpukat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang bisa membuat kenyang lebih lama dan berperan dalam mencegah gangguan jantung. Magnesium dalam alpukat yang cukup tinggi juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan memulihkan kelelahan.



4. Aprikot

Aprikot mengandung 1,4 gram protein dalam setiap 100 gram buahnya. Buah ini sering kita jumpai dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Dan ternyata, kandungan protein dalam aprikot kering lebih tinggi daripada aprikot dalam keadaan segar.

Rutin mengonsumsi buah berwarna jingga ini juga akan membantu mengobati sembelit serta beragam manfaat positif lainnya untuk saluran pencernaan tubuh kita. Buah ini juga cocok untuk Anda yang kerap mengalami anemia serta ingin memiliki kulit tubuh yang sehat lho, Moms.

5. Nangka

Nangka termasuk salah satu buah dengan tinggi kandungan protein serta kaya akan zat gizi baik. Memiliki kadar protein sekitar 1,7 gram dalam 100 gram buahnya, nangka juga mengandung kalium, antioksidan, serta vitamin C dan sedikit vitamin A untuk membantu tubuh melawan melawan radikal bebas, mengontrol kolesterol dan gula darah, serta menstabilkan tekanan darah.

6. Pisang

Selain tinggi kandungan kaliumnya, buah ini juga kaya akan protein, lho. Ada 1,1 gram protein yang terkandung dalam 100 gram pisang. Manfaat lain dari buah ini untuk kesehatan adalah mempertahankan berat badan, menjaga sistem pencernaan bekerja optimal, dan membantu menjaga tekanan darah berkat kandungan kalium di dalamnya.

7.  Kiwi

Buah mungil berwarna hijau ini memiliki kandungan protein sebesar 1,1 gram per 100 gram. Selain itu, kiwi juga mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E. Walaupun berwujud kecil, kiwi dikenal kaya akan antioksidan serta sumber serat yang baik bagi tubuh.

8. Jeruk

Tidak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga merupakan salah satu buah yang mengandung protein yang sangat tinggi, yakni 1 gram protein dalam setiap 100 gram buahnya. Mengonsumsi jeruk dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 8%. Tidak hanya itu, jeruk juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan membantu pencernaan, serta menurunkan berat badan. (Oktavia Putri/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah,   protein,   nutrisi,   kesehatan,   imunitas