Mother&Baby Indonesia
Moms Sedang Menstruasi? Hindari Dulu 6 Makanan Ini

Moms Sedang Menstruasi? Hindari Dulu 6 Makanan Ini

Saat mengalami menstruasi, seluruh badan terasa sensitif dan perut kram sering dialami oleh wanita. Selain itu, peningkatan kadar hormon progesteron bisa memicu meningkatnya nafsu makan, sehingga godaan untuk menikmati makanan manis semakin tinggi sebagai salah satu cara untuk meredam gejolak emosi yang dirasakan saat menstruasi.

Gejala tidak menyenangkan lainnya yang sering terjadi saat menstruasi adalah sakit kepala, mual, badan letih, dan diare. Kombinasi gejala ini pula yang bisa membuat Moms kerap mengalami perubahaan suasana hati atau mood yang ekstrem.

Agar seluruh hal yang tidak nyaman ini bisa diminimalisir, Moms perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Walaupun banyak makanan yang menggugah selera, namun sebaiknya dihindari dahulu beberapa makanan dan minuman berikut ini selama menstruasi belum selesai. Apa sajakah itu?



1. Junk Food

Rendah nutrisi namun mengandung kadar kalori dan garam yang tinggi membuat junk food jadi musuh bagi Moms yang sedang menstruasi. Belum lagi segala lemak tidak sehat yang dimilikinya. Makanan tipe ini bisa menyebabkan kembung serta berkumpulnya cairan di pembuluh darah.

2. Kafein

Hindari konsumsi teh dan kopi karena kandungan kafein di dalamnya bisa memicu perasaan gelisah sekaligus membuat Moms sulit tidur di malam hari. Dalam beberapa kasus, dengan menurunkan konsumsi kafein, hal tersebut bisa membantu mengurangi nyeri pada payudara.

Selain itu, mengonsumsi kafein bisa membuat produksi asam lambung meningkat sehingga mengakibatkan sakit maag. Hal ini tentu saja tidak diinginkan oleh Moms terjadi bersamaan saat haid datang. Maka dari itu, Moms mesti berpisah dahulu dengan minuman kopi yang disenangi namun mengandung kafein ini.

3. Alkohol

Makanan atau minuman beralkohol harus dihindari demi mencegah munculnya gejala premenstrual syndrome (PMS). Tak hanya itu, alkohol bisa membuat kadar gula darah menjadi turun. Hasilnya adalah Moms menjadi sensitif hingga mudah emosi, merasa lelah, gelisah, bahkan menderita sakit kepala.



4. Produk Gandum Olahan

Contoh dari produk gandum olahan adalah kue, roti putih, serta biskuit. Akibat proses pengolahan, gandum olahan ini menjadi tidak sesehat gandum murni. Sehingga mengonsumsi makanan ini bisa mengganggu kadar gula darah sekaligus nafsu makan Anda. Sebaiknya konsumsi saja makanan yang mengandung gandum murni, seperti oatmeal dan nasi merah.

5. Makanan Kaleng

Kadar sodium yang tinggi bisa membuat perut terasa kembung saat menstruasi. Inilah yang menyebabkan makanan kaleng harus Moms hindari. Di saat seperti ini, Anda justru sebaiknya perbanyak konsumsi makanan bernutrisi seperti sayur, kacang-kacangan, serta ikan.

6. Makanan Manis

Saat stres ataupun sedang dalam suasana hati yang buruk, makanan manis merupakan teman yang tepat untuk mengobati kedua hal tersebut. Namun, ini tidak cocok saat haid sedang melanda. Cokelat, es krim, maupun makanan manis lainnya, justru bisa membuat kadar gula darah menjadi labil. Makanan manis yang lebih cocok untuk dikonsumsi contohnya adalah buah dan yoghurt. (Oktavia Putri/SW/Dok. Freepik)



Tags: menstruasi,   makanan yang dihindari saat menstruasi