Mother&Baby Indonesia
Wajib Hindari 8 Tipe Makanan Ini Jika Ingin Sembuh dari Flu

Wajib Hindari 8 Tipe Makanan Ini Jika Ingin Sembuh dari Flu

Saat terjangkit infeksi virus flu, manusia bisa kembali sembuh dengan sendirinya tanpa harus menjalani pengobatan khusus. Namun, tetap saja tidak ada orang yang merasa nyaman harus menghadapi hidung tersumbat serta radang tenggorokan yang ikut hadir saat sakit flu ini.

Rutin minum air putih akan sangat membantu dalam menyembuhkan penyakit ini karena menjaga tubuh untuk terus berfungsi secara normal, sehingga tubuh mampu melindungi diri dari serangan virus flu. Namun, minum saja tidaklah cukup untuk membuat tubuh Anda cepat pulih dari serangan flu.

Meskipun selera makan cenderung berkurang saat sakit, mengonsumsi makanan yang sehat dinilai penting agar Anda bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas normal. Walaupun demikian, tidak sembarangan makanan dapat Moms santap saat dalam masa penyembuhan. Ada beberapa tipe makanan yang wajib dihindari jika Moms ingin cepat sembuh dari flu, yakni:



1. Makanan Laut

Agar bisa segera sembuh dari flu, Moms harus menghindari beragam menu terbuat dari makanan laut, seperti udang, kerang, tiram, bahkan hingga kepiting serta lobster. Tak hanya itu saja, beberapa jenis ikan seperti sarden maupun ikan kembung juga sebaiknya dihindari.

Hal ini dikarenakan sejumlah bahan makanan laut itu memiliki kandungan yang bisa memicu peningkatan produksi histamin pada tubuh. Akibatnya, makanan tersebut dapat menimbulkan pembengkakan pada hidung dan mengganggu proses penyembuhan.

2. Buah

Beragam nutrisi baik terkandung dalam buah dan cocok untuk dikonsumsi saat sakit. Namun, ketika flu melanda, Moms musti berpisah sementara dengan beberapa buah kesukaan seperti, pisang, nanas, pepaya, alpukat, dan stroberi.

Contohnya saja alpukat yang memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga kemungkinan sulit untuk diproses bagi perut sensitif yang terjadi saat flu. Begitu pula dengan pisang yang mengandung kadar gula tinggi serta elemen yang memicu produksi histamin, sebaiknya tidak dikonsumsi saat sakit karena bisa mengurangi kinerja imun pada tubuh.

3. Makanan Berminyak

Mengunyah gorengan di waktu senggang memang nikmat rasanya. Akan tetapi, Moms harus berpisah sejenak dengan makanan seperti ini karena cenderung sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Begitu pula dengan menu yang terbuat dari santan dan berlemak tinggi. Saat mengkonsumsi kudapan sejenis ini, makanan yang masuk ke dalam tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga menuntut perut untuk bekerja lebih keras.



4. Produk Susu

Sarapan sehat dengan yoghurt maupun keju melimpah yang disajikan bersama pasta maupun pizza adalah hal terakhir yang Moms makan saat sedang flu. Produk olahan susu cenderung memiliki kandungan lemak yang tinggi. Makanan seperti ini bisa memicu peradangan sehingga menurunkan imun pada tubuh. Akibatnya, penyakit flu yang melanda akan semakin sulit untuk disembuhkan.

5. Steak

Saat berada dalam kondisi mual ataupun kondisi pencernaan yang terganggu, hindari menu seperti steak karena kandungan lemak di dalamnya bisa mengganggu perut Moms yang sedang tidak sehat. Ini dikarenakan daging merah cenderung memiliki lemak yang tinggi ketimbang protein lainnya sehingga tidak cocok dikonsumsi saat sakit.

6. Makanan Manis

Gula dan lemak merupakan kombinasi kandungan makanan yang wajib dihindari saat flu. Saat keduanya digabungkan, hal tersebut bisa menyebabkan peradangan dan penurunan imun dalam tubuh. Maka dari itu, berhenti dahulu menyantap makanan manis seperti cookies kekinian yang sedang hits di media sosial, begitu pula dengan es krim, donat, maupun kue manis yang terlihat menggiurkan.

7. Makanan Pedas

Bagi Moms yang gemar mengonsumsi makanan pedas yang terbuat dari cabai saat flu, sebaiknya dihentikan dahulu. Hilangkan anggapan bahwa makanan pedas bisa membantu mempercepat hilangnya lendir di hidung. Lendir yang diproduksi hidung memang lebih banyak, namun ini disebabkan peradangan yang diakibatkan oleh capsaicin dalam cabai. Jadi, kurangi dulu untuk sementara penggunaan cabai dalam menu makanan selama masa penyembuhan ini.

8. Cokelat

Penggemar cokelat musti sabar untuk berpisah dengan makanan favoritnya saat flu. Kandungan gula halus di dalamnya bisa meningkatkan produksi jamur dalam tubuh yang nantinya mengakibatkan pertumbuhan bakteri secara berlebihan. Ditambah pula dengan kandungan lemak jenuh yang diketahui memicu peradangan dan memperparah gejala flu dan batuk. (Oktavia Putri/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   flu,   kesehatan