Mother&Baby Indonesia
Olahraga Pakai Masker, Ini Jenis Masker yang Aman Dikenakan

Olahraga Pakai Masker, Ini Jenis Masker yang Aman Dikenakan

Di masa pandemi seperti saat ini, penggunaan masker sangat penting guna melindungi diri kita dari ancaman penyebaran virus COVID-19. Saat kita hendak melakukan aktivitas di luar rumah, misalnya, protokol kesehatan mewajibkan kita untuk selalu mengenakan masker. Begitu pula saat kita berolahraga di luar ruangan.

Walaupun demikian, Moms mungkin sempat mendengar kabar viral beberapa waktu lalu yang memberitakan bahwa memakai masker saat olahraga sangat berbahaya karena bisa mengganggu pernapasan dan menyebabkan sesak napas.

Baca juga: Tips agar Anak Betah Pakai Masker saat Harus Keluar Rumah



Memilih Masker yang Tepat untuk Berolahraga

Memang, berolahraga menggunakan masker akan membuat kita jadi tidak nyaman. Namun tahukah Moms, ternyata penggunaan masker saat berolahraga sebenarnya bergantung pada jenis masker yang dipakai? Karena itu, agar napas tidak terganggu saat olahraga menggunakan masker, Anda sebaiknya memilih jenis masker yang tepat.

Hal tersebut dijelaskan oleh Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Michael Triangto, SpKO, saat menjelaskan perihal jenis masker yang cocok digunakan untuk berolahraga. Menurutnya, ada banyak jenis masker yang dijual bebas. Namun, sebaiknya masyarakat bisa bijak menggunakan masker sesuai dengan jenis dan fungsinya.

“Penggunaan masker jenis N95 akan sangat memengaruhi fungsi pernapasan penggunanya. Namun, masker jenis ini memang hanya diperuntukkan bagi petugas medis, misalnya mereka yang berada di ruang isolasi dan ICU, yang khusus merawat penderita COVID-19,” jelasnya.

Dokter Triangto mengatakan bahwa jenis masker medis dan masker kain bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melakukan olahraga di luar ruangan dengan memakai masker. Saat ini, kedua jenis masker tersebut bisa dengan mudah kita temukan di pasaran.

Baca juga: Masker Scuba & Buff Tak Efektif Cegah Corona, Ini Alasannya



Yang Perlu Diperhatikan saat Olahraga Memakai Masker

Menurut dr. Triangto, memang masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang penggunaan masker saat berolahraga, termasuk lama penggunaannya, sehingga bisa memperjelas manfaat masker bagi kesehatan.

Mengenai viralnya berita yang mengabarkan bahaya menggunakan masker saat berolahraga yang dapat berujung pada kematian, dr. Triangto mengingatkan di saat muncul rasa tidak nyaman atau merasa tidak sehat saat berolahraga menggunakan masker, maka sebaiknya hentikan olahraga tersebut. Dengan demikian tidak perlu terjadi sesuatu yang mengganggu keselamatan jiwa seseorang.

“Berolahraga yang sehat cukup dengan intensitas ringan sampai sedang sehingga penggunaan masker tidak akan mempersulit sistem pernapasan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan, terlebih lagi hingga menyebabkan kematian,” jelasnya.

Karena itu, jika berolahraga dengan tujuan mendapatkan kesehatan, Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Jenis olahraga dengan intensitas ini tak akan ada masalah jika mengenakan masker. Sebaliknya, jika tetap ingin melakukan olahraga dengan intensitas berat, maka Anda dianjurkan untuk melakukannya di dalam rumah sehingga tidak perlu mengenakan masker.

Dokter Triangto tidak menyarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas berat di luar rumah sambil mengenakan masker. Karena olahraga intensitas berat umumnya hanya dilakukan oleh para atlet untuk tetap menjaga performa mereka, dan bukan sekadar untuk tujuan kesehatan.

Selain itu, kondisi awal kesehatan seseorang juga bisa menjadi penentu. Jika tubuh Anda dalam kondisi yang kurang atau tidak sehat, maka Anda tidak disarankan untuk berolahraga, apalagi dengan mengenakan masker, karena hal tersebut akan bisa berujung fatal jika Anda tetap memaksa untuk melakukannya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   olahraga,   masker,   olahraga memakai masker,   masker untuk olahraga