Mother&Baby Indonesia
Manfaat Memiliki Teman untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Memiliki Teman untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Memiliki teman tidak hanya menjadikan hidup Anda jadi lebih berwarna atau membuat Anda terhindar dari rasa sepi. Berteman ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda lho, Moms!

Pada dasarnya, manusia adalah mahluk sosial. Bersosialisasi merupakan salah satu kebutuhan utama seseorang selain bernapas, makan, minum, serta beristirahat. Dengan bersosialisasi atau berteman, Anda akan memiliki seseorang untuk berinteraksi, bertukar ide, atau sekadar mencurahkan perasaan. Itulah sebabnya, berteman juga memiliki manfaat bagi Anda, baik fisik maupun mental. Ini manfaatnya, Moms.

1. Membuat Tubuh Lebih Sehat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Claire Yang, sosiolog di University of North Carolina, disebutkan bahwa orang-orang dengan ikatan sosial yang dekat memiliki tekanan darah, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang yang lebih rendah sekaligus stabil.



2. Mengatasi Stres dan Trauma

Setiap manusia bisa merencanakan jalan hidupnya. Akan tetapi terkadang realita tidak sesuai dengan harapan. Bagi sebagian orang, situasi semacam ini bisa menimbulkan rasa kecewa dan trauma. Namun kehadiran seorang teman bisa membantu Anda untuk menghilangkan rasa kecewa tersebut sehingga tidak berkepanjangan dan berubah menjadi stres.

Memang, teman-teman tidak bisa sepenuhnya menghilangkan semua stres dan perasaan sedih yang Anda rasakan. Akan tetapi, setidaknya kehadiran mereka bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk bisa bangkit kembali.

3. Melawan Kanker

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di salah satu jurnal kanker, disebutkan bahwa wanita dengan kanker ovarium yang memiliki banyak dukungan sosial bisa mendapatkan manfaat kemoterapi dengan lebih efektif.

4. Terhindar dari Usia Pendek

Seorang profesor psikologi di Brigham Young University, Julianne bernama Holt-Lunstad, menganalisis data dari hampir 150 studi tentang hubungan sosial dan kematian untuk sebuah makalah. Dan ia pun menemukan statistik yang mengejutkan. Holt-Lunstad mendapati bahwa lingkaran sosial yang lemah dapat memperpendek usia seseorang.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi juga menemukan adanya korelasi langsung antara perasaan kesepian dan tekanan darah tinggi. Akan tetapi jika Anda mengelilingi diri dengan orang-orang yang mencintai dan memberikan dukungan, Anda akan berisiko lebih rendah mengalami kondisi tersebut.

6. Lebih Dekat dengan Tujuan Hidup

Anda sedang berusaha untuk menghentikan kebiasaan buruk? Atau mungkin tengah merintis kebiasaan baru yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih bermanfaat? Jika jawabannya ya, maka sebaiknya Anda mengelilingi diri Anda dengan teman-teman yang berkualitas. Ya, tujuan hidup Anda akan lebih mudah diraih apabila memiliki teman-teman yang memberikan dukungan.



Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia, memiliki teman yang merangkap sebagai mitra hidup membuat Anda 20 persen lebih mungkin untuk mencapai tujuan hidup. Lalu ketika kontrol diri sudah sepenuhnya dikuasai, Anda akan mampu memberikan pengaruh positif terhadap teman-teman di sekitar.

Pertemanan Sehat

Namun tentu saja, manfaat bagi kesehatan tubuh Anda tersebut hanya bisa dicapai jika Anda juga memiliki pertemanan yang sehat. Beberapa ciri pertemanan sehat, adalah:

• Saling menghormati, menghargai, dan mengerti.

• Pertemanan berjalan seimbang, dengan timbal balik dua arah.

• Pertemanan saling memberikan pengaruh positif.

• Pertemanan tidak dilakukan dengan paksaan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: pertemanan,   teman,   memiliki teman,   kesehatan