Mother&Baby Indonesia
Lemak di Perut Hilang, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat

Lemak di Perut Hilang, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat

Setiap orang disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2 liter air setiap harinya. Baik minum air dingin maupun air hangat, keduanya memiliki manfaat tersendiri. Misalnya, air dingin dipercaya dapat mendinginkan diri setelah Anda melakukan aktivitas olahraga yang intens. Sementara minum air hangat dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memudahkan sistem pencernaan.

Selain itu, tahukah Anda bahwa minum air hangat juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan menghilangkan lemak di perut? Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2003, diketahui meminum air hangat bisa meningkatkan proses penurunan berat badan. Lebih lanjut, studi tersebut menguraikan bahwa minum 500 ml air sebelum waktu makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 30%.



Pengaruh Minum Air Hangat untuk Menurunkan Berat Badan

Melansir laman Times of India, minum air hangat setiap hari di pagi hari atau sepanjang hari dapat membantu proses penurunan berat badan dengan tiga cara, yaitu:

Meningkatkan metabolisme: Minum air hangat dapat mengubah suhu tubuh Anda. Untuk mengimbangi suhu air hangat yang Anda konsumsi, tubuh Anda akan menurunkan suhu internal dan mengaktifkan metabolisme.

Memecah lemak: Air hangat dapat memecah lemak di dalam tubuh dan memobilisasi lemak menjadi molekul-molekul, sehingga sistem pencernaan Anda lebih mudah untuk membakarnya.

Mengurangi nafsu makan: Air hangat dapat membantu mengurangi nafsu makan. Minum segelas air hangat 30 menit sebelum makan diketahui dapat membantu mengatur asupan kalori Anda.

Manfaat Lain Minum Air Hangat

Selain berpengaruh pada penurunan berat badan, minum air hangat juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Air bertindak sebagai agen pelumas yang membantu menjaga kelancaran proses pencernaan. Air bahkan dapat melarutkan partikel makanan yang sulit dicerna oleh perut kita.



2. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Saat Moms tidak mengonsumsi cukup air, hal ini dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf Anda, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Melansir laman Healthline, sebuah penelitian pada 2019 menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat serta suasana hati.

3. Membantu meredakan sembelit

Sembelit biasanya disebabkan karena dehidrasi. Minum air dipercaya efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Minum air hangat diketahui dapat merangsang kontraksi usus Anda. Ketika itu terjadi, sisa makanan di usus Anda bisa keluar dari tubuh. Minum air hangat secara teratur juga dapat membantu pergerakan usus Anda tetap teratur.

4. Membuang racun dalam tubuh

Minum air hangat membuat suhu tubuh Anda meningkat, sehingga dapat membuat Anda berkeringat. Saat berkeringat, racun dalam tubuh pun akan hilang dari pori-pori kulit Anda.

5. Menurunkan tingkat stres

Seperti telah disinggung sebelumnya, minum air hangat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, sehingga membuat rasa cemas Anda mungkin berkurang. Menurut sebuah penelitian pada 2014, minum lebih sedikit air dapat mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, kepuasan, dan emosi positif. Maka tetap terhidrasi dengan baik bisa meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi Anda.

6. Meredakan hidung tersumbat

Secangkir air panas dapat menghasilkan uap. Saat Anda memegang secangkir air hangat dan menghirup uap lembutnya dalam-dalam, ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat bahkan meredakan sakit kepala yang juga diakibatkan hidung tersumbat. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: air hangat,   kesehatan,   minum air hangat