Mother&Baby Indonesia
Hobi Makan Banyak Namun Ingin Tetap Ramping? Ini Caranya

Hobi Makan Banyak Namun Ingin Tetap Ramping? Ini Caranya

Buat kebanyakan orang, hobi makan dan memiliki tubuh ramping bagaikan dua hal yang mustahil dilakukan bersamaan. Jika Anda hobi kuliner, maka siap-siaplah punya tubuh yang mengembang. Namun, ada juga lho, orang yang senang makan tapi mereka tetap memiliki tubuh yang ramping dan kurus.

Ya, bagi Moms yang hobi kuliner dan senang makan, menjaga berat badan tetap stabil memang perkara yang sulit. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan lho, Moms. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin tetap bertubuh ramping walaupun Anda punya hobi makan.

1. Makan Sesering Mungkin Tapi dalam Porsi Kecil

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan dengan diet dan mengurangi jatah makan, yang tadinya makan 3 kali dalam sehari, kini hanya makan 1 kali dalam sehari, maka diet yang Anda lakukan tersebut kurang tepat, Moms.



Jika Anda hobi makan tapi ingin punya tubuh yang ramping, Anda tetap bisa makan dengan jumlah seperti biasa, hanya porsinya saja yang dikurangi menjadi lebih sedikit. Makan lebih sering namun dengan porsi kecil bisa membantu kadar gula darah tetap normal, karbohidrat terserap sempurna, dan menjaga metabolisme tubuh yang membuat berat badan tetap terjaga.

2. Kunyah Makanan hingga Halus

Untuk membantu tugas pencernaan Anda jadi ringan, saat makan, kunyahlah makanan Anda 32 kali hingga halus sempurna. Makanan yang tidak dikunyah secara sempurna akan mengakibatkan pencernaan bekerja keras dan beresiko pada gangguan kesehatan.

Selain itu, makanan yang tidak dikunyah secara sempurna kandungan kalorinya tidak terserap tubuh sehingga hanya akan menumpuk menjadi lemak dan menyebabkan kelebihan berat badan. Mengunyah makanan dengan perlahan juga bisa membantu otak menerima informasi saat perut sudah kenyang.

3. Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan

Berdasarkan penelitian, orang yang minum dua gelas air sebelum makan memiliki peluang lebih besar untuk menurunkan berat badannya dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Selain bisa melarutkan lemak dalam tubuh, minum air juga bisa menimbulkan rasa kenyang sehingga Anda akan makan dalam porsi yang sedikit.



4. Imbangi dengan Rutin Berolahraga

Makan banyak memang bisa menyebabkan berat badan Anda naik, tapi itu bukanlah penyebab satu-satunya. Meskipun Anda hobi makan, berat badan Anda masih bisa tetap stabil jika Anda mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga berguna untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat buat membakar kalori, Moms. Olahraga ringan seperti jalan kaki juga bisa membantu menjaga berat badan Anda. Menurut penelitian, berjalan kaki santai selama 30 menit dapat membakar 75 kalori. Makin bertambah kecepatan dan durasinya, tentu makin banyak juga jumlah kalori yang dibakar.

Baca juga: Ini Manfaat Berjalan Kaki Setelah Makan

5. Perhatikan Pilihan Makanan

Jika Moms hobi makan namun tidak ingin berat badan melonjak pesat, Anda juga sebaiknya perhatikan pilihan makanan yang dikonsumsi. Pilihlah jenis makanan yang bergizi, terutama yang tinggi kandungan protein dan serat, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Dibandingkan karbohidrat dan lemak, protein dan serat efektif membuat perut Anda kenyang lebih lama. Batasi atau hindari juga mengonsumsi junk food yang tidak menyehatkan bagi tubuh ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   makan banyak,   berat badan