Mother&Baby Indonesia
Jarang diketahui, Ini Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Jarang diketahui, Ini Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Berjalan tanpa alas kaki mungkin lumrah kita lakukan saat di dalam rumah. Namun bagi sebagian orang, berjalan atau berolahraga tanpa alas kaki ini bisa menjadi aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Mungkin Anda juga ingat, bahwa ketika Si Kecil sedang belajar berjalan, Moms biasanya diminta untuk membiarkan proses ini terjadi secara alami dan tanpa mengenakan alas kaki atau sepatu. Hal ini dikarenakan sepatu dapat memengaruhi cara seorang anak menggunakan otot dan tulang di kaki mereka. Dengan belajar berjalan tanpa menggunakan alas kaki, ini dipercaya bisa meningkatkan propriosepsi (kesadaran tubuh akan posisi dan postur tubuh mereka).

Melansir laman Healthline, Dr. Jonathan Kaplan, spesialis kaki dan pergelangan kaki serta ahli bedah ortopedi di Hoag Orthopedic Institute, mengatakan bahwa secara teori manfaat langsung yang bisa didapatkan seseorang dengan berjalan tanpa alas kaki adalah dapat memulihkan pola berjalan 'alami' seseorang, atau dikenal sebagai gaya berjalan kita.



Baca juga: Ini Manfaat Berjalan Kaki Setelah Makan

Berjalan tanpa alas kaki ini juga berpengaruh positif pada kesehatan karena ion negatif yang ada di bumi menyeimbangkan ion positif yang ada di dalam diri Anda, sehingga menciptakan keseimbangan yang akan meningkatkan kesehatan Anda. Saat berjalan tanpa alas kaki, titik-titik tekanan di kaki Anda juga menjadi aktif dan memberikan energi pada tubuh Anda.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dari berjalan tanpa alas kaki, di antaranya:

1. Memperkuat Sistem Imun

Selain dapat merangsang sistem saraf, berjalan tanpa alas kaki juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dengan membuat seseorang lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur

Jika Anda kesulitan tidur di malam hari, bahkan tidak bisa tidur sampai pagi, ini berarti Anda mungkin mengalami salah satu jenis gangguan tidur yang disebut insomnia. Nah berjalan tanpa alas kaki di atas rumput dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia yang Anda alami.



3. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Ada titik tekanan di kaki Anda yang diyakini terhubung ke saraf mata. Berjalan tanpa alas kaki ternyata dapat merangsang titik tekanan tersebut dan membantu meningkatkan penglihatan Anda secara keseluruhan.

4. Menurunkan Perasaan Cemas dan Stres

Keluar rumah secara umum dapat membantu mengatur emosi dan menyeimbangkan sistem saraf. Namun, membiarkan tubuh Anda bersentuhan dengan tanah secara langsung akan semakin mengurangi kecemasan dan stres. Hal ini dikarenakan bumi membawa muatan negatif, sedangkan kita memiliki muatan positif sehingga dapat menciptakan satu keseimbangan bagi tubuh serta sangat penting untuk kesehatan emosional dan fisik Anda.

5. Meningkatkan Energi

Salah satu manfaat berjalan tanpa alas kaki di atas pasir dapat merangsang titik-titik tekanan pada kaki Anda. Ketika sudah terbiasa berjalan tanpa alas kaki, Anda akan mengembangkan lebih banyak kekuatan pada kaki dan tubuh. Tingkat energi Anda pun akan meningkat dan membuat Anda tetap aktif sepanjang hari.

6. Membantu Mengatasi Masalah Mentruasi dan Hormonal

Saat hormon Anda tidak seimbang, Anda akan mengalami masalah fisik dan mental. Wanita yang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome) sering mengalami perubahan suasana hati, sakit kepala, sakit perut, penambahan berat badan, jerawat, sembelit, dan masalah lainnya. Nah, berjalan tanpa alas kaki di tanah dapat membantu meringankan banyak gejala tersebut.

7. Mengurangi Peradangan di Tubuh

Peradangan disebabkan oleh kerusakan pada sel tubuh yang dapat menyebabkan komplikasi seperti kanker, penuaan, masalah jantung, dan masalah lainnya. Dengan berjalan tanpa alas kaki, ini bisa membantu elektron di tanah bertindak sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan di tubuh Anda.

8. Menjaga Tekanan Darah

Tingkat stres Anda secara otomatis akan turun saat Anda berjalan tanpa alas kaki karena saraf di kaki Anda terangsang sehingga melepaskan stres. Ha ini sama dengan ketika Anda mendapatkan pijat refleksi di kaki. Ketika stres Anda turun, tekanan darah Anda pun juga menjadi stabil. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: berjalan tanpa alas kaki,   kesehatan