Mother&Baby Indonesia
Penting! Perhatikan Ini agar Aman Bersepeda saat Pandemi

Penting! Perhatikan Ini agar Aman Bersepeda saat Pandemi

Untuk memiliki tubuh yang sehat, baik fisik maupun mental, kita dianjurkan rutin berolahraga. Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem imun tubuh, sehingga kita akan terhindar dari ancaman berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19 yang masih menyebar hingga saat ini.

Bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang kini sering dilakukan banyak orang, terutama di masa pandemi. Selain untuk menjaga kesehatan, jenis olahraga low impact ini sendiri dianggap aman oleh sebagian orang, karena meminimalisir interaksi bersentuhan dengan orang lain.

Tips Aman Bersepeda di Masa Pandemi

Meski bersepeda bisa dijadikan sebagai rutinitas olahraga, Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat hendak melakukannya di masa pandemi. Tujuannya, untuk memastikan Moms dan Dads tetap aman dan menerima manfaat dari bersepeda secara maksimal.



Setidaknya, ada 10 hal yang perlu Anda perhatikan agar aman bersepeda, seperti dijelaskan oleh dr. Muliadi Limanjaya, Dokter Umum dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya berikut ini:

1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi risiko cedera pada otot bagian bawah tubuh, terutama kaki.

2. Gunakan masker yang wajib diperlukan untuk menjaga diri kita sendiri dan orang lain dari penularan penyakit. Pilih masker dari bahan yang mudah menyerap keringat, supaya kenyamanan Anda ketika bersepeda tidak terganggu

3. Pakai alat pelindung diri tambahan, seperti helm dan lampu sepeda, untuk menjaga keamanan jika Anda bersepeda di malam hari.

4. Selalu bawa air minum untuk hidrasi dan siapkan hand sanitizer di dalam tas kecil.

5. Cari rute perjalanan yang sepi dan atur waktu yang jarang dipilih orang lain untuk bersepeda. Hindari daerah yang ramai atau rute populer yang banyak dilalui pesepeda lain.



6. Tetap menjaga jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain sebagai protokol kesehatan yang dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit.

7. Akan lebih baik jika Anda bersepeda hanya dengan keluarga atau kerabat yang tinggal satu rumah untuk meminimalkan risiko terjadinya penularan penyakit.

8. Untuk bersepeda secara berkelompok, batasi maksimal hanya 5 orang dengan tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun.

9. Apabila Anda ingin bersepeda dengan teman atau kerabat yang tidak serumah, pastikan bahwa semua pihak sudah melakukan tes pemeriksaan COVID-19 sebelumnya dengan hasil negatif agar tetap aman.

10. Setelah bersepeda, langsung pulang ke rumah dan mandi sesegera mungkin. Jangan dulu berinteraksi dengan teman atau keluarga di ruang terbuka, karena perilaku ini akan membuat Anda membuka masker dan berisiko menyebarkan penyakit.

Jadi, tetap jaga kesehatan dan pastikan untuk melakukan hal-hal di atas selama memilih bersepeda sebagai rutinitas olahraga Anda dan keluarga di masa pandemi ini, ya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   bersepeda,   olahraga,   pandemi