Mother&Baby Indonesia
Mengenal Carnosine, Zat Penting untuk Jaga Sistem Imun

Mengenal Carnosine, Zat Penting untuk Jaga Sistem Imun

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari sistem imunitas yang baik. Dan salah satu cara mendapatkanya adalah dengan memenuhi kecukupan zat carnosine. Zat ini merupakan nutrisi alami yang berfungsi sebagai antioksidan dan sebagai penghubung sel otak dalam berkomunikasi (neurotransmitter).

Zat carnosine atau karnosin sendiri sebenarnya sudah ada di dalam otak manusia. Namun, kelelahan dan stres yang Anda alami akan berpengaruh pada penurunan jumlah karnosin tersebut. Hal ini pun akan memengaruhi aktivitas neurotransmitter dalam syaraf, di mana kemampuan konsentrasi dan daya pikir juga ikut menurun.

Sumber Karnosin

Untuk mendapatkan karnosin, Anda bisa mengonsumsi makanan yang juga tinggi akan asam amino, seperti daging sapi dan ayam. Saat ini juga terdapat suplemen untuk menambah zat karnosin dalam tubuh, khususnya diberikan pada penderita penyakit, seperti alzheimer dan diabetes.



Dosis yang dibutuhkan pun tergantung dari beberapa faktor, seperti usia serta kondisi kesehatan seseorang. Namun, dengan tetap menjaga asupan makan serta rutin berolahraga untuk mengurangi risiko stres akan mampu menjaga kadar zat karnosin dalam tubuh.

Manfaat Karnosin untuk Menghindari Penyakit

Para ahli menemukan bahwa karnosin tak hanya berfungsi meningkatkan sistem imun, tetapi juga membantu kinerja otot jantung, otak dan bagian tubuh lainnya dengan baik. Zat ini juga mampu mencegah penuaan dini, sehingga Anda bisa tetap tampak bugar meski menjalani banyak aktivitas.

Selain itu, kandungan karnosin yang terdapat dalam suplemen mampu membantu proses pemulihan beberapa penyakit, seperti:

• Gagal jantung

Ulkus dekubitus (Cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit)

• Kulit kering

• Glaukoma

• Autisme



• Gangguan Obsesif-Kompulsif (OCD)

• Skizofrenia

• Kehilangan memori

• Penuaan

• Kegemukan

• Komplikasi diabetes.

Tak kalah penting dengan zat karnosin, sistem imunitas pun dapat terjaga jika Anda selalu mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi lainnya. Kebutuhan seperti protein, vitamin A, C, D, zinc, selenium, zat besi, dan probiotik pun perlu dipenuhi dengan optimal.

Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat untuk melawan berbagai penyakit baik yang muncul dari dalam tubuh ataupun virus dan bakteri yang menyebar saat ini. Semoga selalu sehat untuk Anda, Si Kecil, dan anggota keluarga lainnya, ya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   sistem imun,   imunitas,   daya tahan tubuh,   carnosine