Mother&Baby Indonesia
Balita Bermain dengan Barang-barang di Rumah, Ini Manfaatnya

Balita Bermain dengan Barang-barang di Rumah, Ini Manfaatnya

Dunia anak, khususnya di masa golden age, memang penuh dengan kata bermain. Apa pun yang ia lakukan bisa menjadi sebuah permainan yang seru sekaligus sebagai sarana buat Si Kecil belajar. Karena itu, tak jarang orang tua memberikan mainan khusus pada anak agar pembelajaran Si Kecil akan bisa lebih optimal.

Memang mainan edukasi dapat membantu stimulasi kemampuan motorik dan otak Si Kecil. Tapi, Moms tak perlu khawatir sehingga harus membelikannya beragam mainan, bahkan dengan harga yang tergolong mahal. Coba berikan barang-barang di rumah dan lihat manfaatnya pada tumbuh kembang anak Anda.

Gratis Namun Fungsional

Setiap anak memiliki imajinasinya masing-masing saat memainkan suatu barang yang menarik menurutnya. Jadi, selain mainan yang ada di toko, jangan heran jika Si Kecil memilih untuk tertarik pada sendok, kardus, atau ember yang ia lihat setiap hari.



Menurut beberapa ahli dalam perkembangan anak, mereka menganggap permainan fungsional ini merupakan jenis permainan yang paling sederhana di mana anak-anak akan terlibat. Sebab, benda tersebut tujuannya untuk menghibur diri mereka sendiri, hingga akhirnya mereka akan bermain sesuai dengan imajinasi mereka. Hal ini tentu berbeda dengan permainan dramatis yang memiliki instruksi khusus dalam memainkannya. Dengan menggunakan barang di rumah, ia akan lebih berkonsentrasi pada karakteristik fisik alami dari suatu objek yang pilih.


Manfaat Mainan dari Barang Rumahan

Sebelum memberikan barang-barang yang ada di rumah untuk mainan anak, Moms perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan tidak ada bagian yang tajam atau bisa melukai Si Kecil selama ia mainkan. Kedua, berikan barang yang sudah pasti bersih dan aman untuk disentuh dan dipegang anak dalam beberapa waktu.

Setelah itu, Anda bisa membiarkan Si Kecil memilih mainan dari barang-barang di rumah. Dengan memainkan barang-barang tersebut, Si Kecil pun akan mendapatkan manfaat pada tumbuh kembangnya, antara lain:



• Membariskan benda berdasarkan warna akan membantunya mengidentifikasi dan mengklasifikasikan objek dengan indra penglihatan.

• Beberapa benda yang ia susun terjatuh membuatnya belajar untuk mengoordinasikan gerakan tangan dan fokus pada mata.

• Melempar bola ke dinding dan melihatnya terpantul akan mengenalkannya pada konsep sebab-akibat.

Selain ketiga hal tersebut, permainan fungsional ini juga akan menambah kemampuan yang lebih kompleks yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Mulai sekarang, Moms tak perlu bingung dengan pemberian mainan pada Si Kecil, karena Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   mainan