Mother&Baby Indonesia
Romantis, Ini 7 Tanda Anak Cinta pada Orang Tuanya!

Romantis, Ini 7 Tanda Anak Cinta pada Orang Tuanya!

Sebagai orang tua, tentu Moms dan Dads sangat menyayangi Si Kecil. Moms dan Dads pasti juga memiliki berbagai cara untuk mengungkapkannya kepada Si Kecil, mulai dari memeluknya hingga membacakan dongeng pengantar tidur setiap malam.

Tapi bagaimana dengan Si Kecil? Mungkin Moms bertanya-tanya, apakah sebenarnya Si Kecil juga sangat menyayangi Anda? Si Kecil, terutama bila ia masih balita, memiliki cara dan bahasanya tersendiri untuk mengungkapkan rasa cintanya terhadap orang tuanya, lho. Penasaran bagaimana caranya mengungkapkan cinta, Moms? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Menjiplak Perilaku

Moms dan Dads adalah sosok panutan pertama baginya. Oleh karena itu, ia akan sering meniru berbagai perilaku Moms dan Dads. Tak hanya sebagai tanda proses belajar, meniru perilaku dan mimik merupakan salah satu bentuk hormat dan rasa cinta yang tulus oleh seorang balita.



Mengikutsertakan Anda

Saat ia masih bayi, mungkin Moms sering mendapatinya merespons berbagai gurauan dan candaan Anda dengan tawa atau ekspresi menggemaskan. Tapi setelah memasuki usia balita, hal tersebut dapat semakin canggih. Kini ia dapat menjadi lebih sering untuk menjawab pertanyaan yang Anda berikan, menyaksikan reaksi Anda terhadap hal-hal yang ia berhasil lakukan, dan menjelaskan Anda tentang berbagai ide unik nan lucu miliknya. Hal ini sering disebut sebagai reciprocal social attention, yang merupakan tanda keterikatan dan kepercayaan yang kuat antara Moms dan Si Kecil.

Sumber Pertolongan

Balita mungkin belum benar-benar memahami makna “Aku sayang kamu”, tapi perilakunya berbicara lebih keras dibandingkan kata-kata. Salah satunya adalah ia akan langsung berlari menuju Anda ketika ia terjatuh atau sedih. Hal ini menunjukkan bahwa Moms adalah sosok yang ia percaya dapat membantunya.

Memberikan Kenyamanan

Tak hanya menjadikan Anda sebagai penyedia kenyamanan, Si Kecil juga menganggap Anda orang yang sangat penting baginya sehingga berhak disediakan kenyamanan olehnya. Moms mungkin kaget dan kagum di saat yang bersamaan dengan perkembangan empatinya. Tindakan berbagi kenyamanan, seperti menawarkan selimut kesayangannya saat ia melihat Anda menangis atau mencium Anda ketika Anda terlihat bersedih, adalah salah satu tanda cinta paling menggemaskan.



Bertingkah

Tidak, berteriak-teriak atau menangis histeris tak melulu pertanda ia adalah anak nakal yang tidak menyayangi orang tuanya. Karena pada beberapa momen ia hanya ingin menarik perhatian Anda dengan berperilaku tidak sewajarnya. Di sisi yang lain, hal ini menandakan bahwa ia merasa aman bersama Anda sehingga ia dapat menunjukkan emosi yang sedang ia rasakan.

Mengucapkannya dengan Lantang

Pada umurnya yang ketiga atau keempat, biasanya Si Kecil sudah mulai dapat mengekspresikan rasa sayangnya melalui kata-kata. Ia bisa saja menyebutkan “Aku sayang Mama” atau “Mama sangat cantik, ya” atau bahkan “Aku ingin bersama Mama selamanya dan menikahi Mama”. Kalimat-kalimat yang terkesan norak sekaligus mengharukan ini berarti sama, bahwa ia mencintai Anda.

Memberikan Hadiah

Tak berarti Anda akan melulu mendapatkan bunga anggrek kesukaan, tapi berbagai hal yang ia anggap bermakna dan menarik, mulai dari batu, ilalang yang ia petik di depan rumah, hingga potongan puzzle kesukaannya dapat ia berikan kepada Anda. Berbagai hadiah yang mengharukan dan lucu ini adalah caranya untuk menunjukkan rasa cintanya dan Anda spesial baginya. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   orang tua,   cinta