Mother&Baby Indonesia
Si Kecil Suka Main Air? Ini Manfaat Water Play buat Anak

Si Kecil Suka Main Air? Ini Manfaat Water Play buat Anak

Moms, apa anak Anda merasa senang ketika diajak main air? Entah itu saat mandi, berenang, main hujan, atau melakukan permainan air lainnya? M&B yakin kebanyakan anak pasti menyukai aktivitas tersebut dan selalu excited ketika diajak bermain air, bahkan mungkin sampai tak mau menyudahi saking asyiknya.

Tapi tahukah Anda mengapa Si Kecil gemar sekali bermain air? Melansir laman What To Expect, bermain air bisa menjadi stimulus yang menyenangkan dan luar biasa bagi anak saat ia merasakan basahnya air, mendengar percikan air, melihat gelembung dan ombak, bahkan mungkin merasakan beberapa tetesan air tersebut.

Selain itu, bermain air juga menjadi pengalaman belajar yang sensasional bagi anak karena ia belajar menuangkan dan memercikkan air, Si Kecil mengamati tentang sebab dan akibat, bereksperimen dengan sifat fluida pada air yang menarik baginya, dan berkenalan dengan fisika dasar, seperti apa yang dapat mengapung atau tenggelam.



Manfaat Permainan air atau Water play

Tak hanya sekadar bermain air saat ia mandi atau berenang, banyak permainan air atau water play yang bisa dilakukan Si Kecil. Tentunya selain dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak-anak, water play juga memiliki segudang manfaat lain bagi Si Kecil. Apa saja ya, manfaatnya?

1. Mengembangkan Keterampilan Motorik

Keterampilan motorik halus dan kasar Si Kecil dapat berkembang dengan melakukan water play. Saat bermain permainan air, anak akan meningkatkan keterampilan motorik halus serta koordinasi mata dan tangannya melalui tindakan seperti menuang, menyemprot, menggosok, mengaduk, atau memeras.

2. Belajar Problem Solving

Bermain air memungkinkan Si Kecil untuk mengeksplorasi suatu zat dan membuat penemuan tentang zat tersebut. Ketika anak bermain perahu dari kertas lalu menaruhnya di atas air, ia bisa belajar tentang bagaimana benda mengapung atau tenggelam, serta bagaimana dan mengapa suatu hal bisa terjadi. Bermain air juga mendorong mereka untuk menggunakan imajinasinya dan mengembangkan pemikiran kreatif yang memainkan peran penting dalam pemecahan masalah.



3. Berpengaruh pada Kemampuan Bahasa

Saat mengajak Si Kecil bermain air, percakapan atau diskusi mungkin saja terjadi antara teman bermainnya ataupun dengan Anda. Bayangkan bila saat ia asyik bermain air, Si Kecil juga mengenal kata-kata baru misalnya basah, tiriskan, gerimis, baskom, dan lain-lain. Saat sedang bermain dengan anak, ini juga menjadi momen yang sangat baik untuk melemparkan pertanyaan demi memperluas pemikiran dan ingatan Si Kecil.

4. Berpengaruh pada Perkembangan Sosial Emosionalnya

Bermain air dapat melepaskan energi, serta dapat menyegarkan, merilekskan dan menenangkan Si Kecil. selain itu, bermain air juga dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk berkonsentrasi pada satu aktivitas yang mungkin dilakukan berulang. Permainan air yang lembut juga memungkinkan anak untuk bersantai dan mengatur pikirannya.

Saat bermain air, anak juga didorong memainkan peran dan keterampilan sosial yang penting seperti kerja sama dan berbagi. Si Kecil akan belajar bekerja dengan satu atau beberapa anak, atau bahkan orang tua, untuk bergiliran dan berbagi ruang dengan orang yang bermain dengannya.

5. Mengajarkan Sains dan Matematika

Saat bermain air, tanpa sadar Si Kecil juga belajar ilmu sains dan matematika. Mereka bisa mengenal istilah-istilah seperti penuh, kosong, setengah, kurang. Si Kecil juga mungkin akan mengukur, membandingkan volume dan mengamati gerakan. Atau ia juga bisa mengamati kehidupan tumbuhan dan hewan dari kegiatannya bermain air. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: water play,   anak,   balita,   anak main air