Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ketahui Karakter Anak dari Warna Favoritnya!

Yuk, Ketahui Karakter Anak dari Warna Favoritnya!

Si Kecil yang berusia balita biasanya memiliki keinginan akan sesuatu sesuai apa yang ia suka dan inginkan. Tak heran jika Moms mencoba memberinya pilihan lain atas apa yang ia pilih, kemungkinan besar ia akan menolak.

Contohnya saat Anda menyuruhnya mengenakan baju berwarna pink pastel saja ketimbang pilihannya pakaian yang berwarna hijau neon. Bila Anda meminta Si Kecil untuk mengganti bajunya, pasti ia tak akan melepaskan baju dengan warna yang sudah ia pilih.

Sebagai orang dewasa, kita memang dapat merasionalisasi keputusan berdasarkan apa yang terbaik untuk kita. Tetapi tidak dengan anak balita, mereka hidup di dunia mereka sendiri di mana mereka membuat aturan sendiri sambil belajar tentang dunia kita. Hal ini pun berlaku untuk pemilihan warna yang ia suka dan ternyata memiliki pengaruh bagi psikologisya yang bisa diketahui dari teori psikologi warna.



Melansir laman Romper, seorang pakar kesehatan anak serta penulis The Emotionally Healthy Child, Maureen Healy, mengatakan menurut sudut pandangnya, warna itu dianggap makanan oleh anak-anak. Sedangkan dari perspektif teori warna, setiap anak memiliki ketertarikan pada warna yang mereka butuhkan secara emosional yang ia rasakan saat itu. Terkadang warna tertentu membuat anak merasa lebih baik, entah itu bisa menenangkan mereka atau sekadar membuat mereka nyaman.

Selain itu, warna juga bisa menjadi simbol atau representasi, misalnya hati mewakili cinta dan warna yang paling dekat dengan simbol ini biasanya merah muda dan hijau. “Jadi, seorang anak yang berfokus pada cinta mungkin hanya ingin mengenakan gaun putri merah jambu selama taman kanak-kanak,” terang Healy. Namun seiring waktu, Si Kecil mungkin akan mengubah warna favoritnya, layaknya orang dewasa yang dapat mengubah preferensi warna sepanjang hidupnya.

Untuk mengatahui apa sebenarnya arti warna favoritnya Si Kecil dan bagaimana karakternya bila dilihat dari warna yang ia suka, simak penjelasan berikut ya, Moms!

1. Merah

Anak yang menyukai warna merah mungkin memiliki karakter yang berkemauan keras. Tak seperti kebanyakan anak balita lainnya, Si Kecil yang menyukai warna merah adalah orang-orang yang menginginkan sesuatu sesuai apa yang ia inginkan. Laman Weekly World News melaporkan bahwa merah juga merupakan pilihan warna yang biasa dipilih seseorang yang berkepribadian ekstrovert.

2. Biru

Menurut laman Bustle, biasanya orang yang tenang menyukai warna bernuansa biru. Tenang seperti warna laut dan langit yang sejuk, anak balita yang menyukai warna biru ini mungkin menjadi pribadi yang cukup santai.



3. Hijau

Si Kecil yang menyukai warna hijau biasanya suka diemong dan sangat penyayang. Berdasarkan laman Weekly World News, pecinta warna hijau biasanya sering mencari keamanan dan orang yang setian.

4. Merah muda (Pink)

Anak-anak yang menyukai warna pink biasanya memiliki karakter yang menyenangkan, senang berkhayal, dan mengutamakan kesenangan di atas segalanya. Menurut laman Bustle, karakter anak-anak seperti itu juga muncul pada orang dewasa yang menyukai warna pink.

5. Ungu

Menurut Psychology Today, anak balita yang menyukai warna ungu mungkin sering berpikir di luar kebiasaan mereka agar kreativitas mereka terus mengalir.

6. Oranye

Anak yang menyukai warna oranye biasanya memiliki karakter yang ramah dan suka bersosialisasi. Weekly World News juga melaporkan bahwa pecinta oranye suka saat ia menjadi pusat perhatian.

7. Kuning

Si Kecil yang menyukai warna kuning biasanya merupakan pribadi yang pemikir. Mereka mungkin akan pandai merencanakan dan menyusun strategi. Menurut Weekly World News, bahkan ini bisa terjadi sesederhana seperti saat Si Kecil mengatur mainannya.

8. Hitam

Tak hanya orang dewasa, anak balita juga bisa menyukai warna hitam. Menurut laman Bustle warna hitam sering menunjukkan kepribadian yang moody. Sementara laman Psychology Today berpendapat bahwa warna hitam juga merupakan tanda kecanggihan dan kepekaan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   warna,   karakter anak,   warna favorit anak