Mother&Baby Indonesia
Waspada, Kasus COVID-19 pada Anak-anak Kian Mengkhawatirkan

Waspada, Kasus COVID-19 pada Anak-anak Kian Mengkhawatirkan

Pandemi COVID-19 belum juga berlalu. Bahkan hingga kini jumlah pasien terus meningkat tajam, termasuk dari kalangan anak-anak.

Berbeda dari klaim sebelumnya, ternyata anak-anak tidak resistan terhadap virus corona. Mereka juga memiliki risiko besar terjangkit penyakit ini. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya jumlah pasien COVID-19 yang terdiri dari kelompok usia 19 tahun.

Menurut catatan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 seperti dilansir Kompas.com, hingga 8 September 2020, sebanyak 1 dari 10 pasien COVID-19 di Indonesia adalah kelompok usia di bawah 19 tahun. Dari seluruh data yang masuk untuk kasus positif, sebanyak 2,4 persen merupakan anak yang berusia di bawah 6 tahun. Meski persentase ini adalah yang terendah di antara kelompok lainnya, tapi cukup menunjukkan bahwa anak-anak di Indonesia juga memiliki risiko terinfeksi virus corona.



Kasus di Jakarta

Sementara itu di DKI Jakarta, jumlah pasien COVID-19 pada kelompok usia 6-19 tahun mencapai angka 3.594 orang hingga 8 September 2020. Untuk kelompok anak usia di bawah 6 tahun, terdapat 1.052 kasus pasien yang terinfeksi virus corona di Jakarta. Sebanyak 570 kasus pada anak laki-laki, dan 482 kasus pada anak perempuan.

Total jumlah pasien COVID-19 untuk kategori anak di bawah usia 19 tahun per 8 September 2020 sudah berada di angka 4.646 orang. Cukup mengkhawatirkan ya, Moms. Angka ini bahkan belum ditambah dari jumlah pasien anak-anak di kota lainnya.

8 Anak Meninggal

Di Provinsi Jawa Barat, tercatat ada 1.155 anak yang positif terjangkit corona hingga 9 September 2020. Sejauh ini, sebanyak 464 anak sembuh dari COVID-19, sedangkan 8 di antaranya meninggal dunia.

Angka-angka tersebut memang tergolong minor jika dibandingkan jumlah pasien dari kelompok usia lain. Tapi bukan berarti anak-anak lebih resistan terhadap virus corona. Oleh sebab itu Moms, yuk kita lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan Si Kecil.

Moms bisa melakukan langkah-langkah berikut ini agar buah hati Anda terhindar dari virus corona:



• Memperhatikan asupan nutrisinya.

• Membiasakan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan berjemur pagi hari.

• Menjaga kebersihan dengan membiasakan Si Kecil untuk mencuci tangan saat akan makan atau habis bepergian.

• Sangat disarankan untuk tidak mengajak Si Kecil bepergian terlebih dahulu, khususnya ke pusat perbelanjaan atau pusat hiburan.

• Biasakan Si Kecil untuk mengenakan masker jika terpaksa bepergian ke luar rumah. Untuk anak-anak di bawah 11 tahun, penggunaan masker harus selalu berada dalam pengawasan orang tua.

Sementara itu bagi Moms dan Dads yang bekerja, usahakan selalu berganti baju dan membersihkan tubuh sebelum bersentuhan dengan Si Kecil. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker jika bepergian ke luar rumah. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   covid-19,   virus corona