Mother&Baby Indonesia
Gara-gara Tak Mengerti Matematika, Ibu Pukuli Anaknya

Gara-gara Tak Mengerti Matematika, Ibu Pukuli Anaknya

Banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari selama pandemi COVID-19. Salah satunya adalah sistem belajar anak-anak. Demi mencegah penyebaran virus corona, Si Kecil pun harus melakoni pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kondisi ini bukan hanya sulit bagi anak, tapi juga orang tua. Di tengah rutinitas mengurus rumah tangga atau bekerja, Moms juga diharapkan bisa membantu Si Kecil belajar di rumah. Masalahnya, tidak semua Moms mampu melakukan tugas ganda semacam itu, seperti yang dialami seorang ibu berinisial MA.

Ibu asal Desa Talok, Kecamatan Turen, Malang, ini tak memiliki cukup kesabaran kala harus mengajarkan materi matematika kepada buah hatinya. Rupanya, si bocah yang baru berusia 8 tahun itu tak kunjung mengerti materi pelajaran yang diajarkan sehingga menyulut kekesalan sang ibu.



Saat amarah memuncak, MA pun memukuli anaknya berulang kali dengan menggunakan selang. Peristiwa ini terekam kamera dan viral di jagat maya sejak pekan lalu.

Buntut dari beredarnya rekaman pemukulan anak tersebut, sang ibu terpaksa berurusan dengan polisi. Menurut Kasatresrim Polres Malang, AKP Tiksanarto Andaru Rahutomo, pihaknya telah memanggil beberapa orang terkait kasus pemukulan tersebut, mulai dari ibu korban sebagai pelaku, ayah korban, serta tetangga mereka.

Menurut Andaru, sesungguhnya hubungan antara ibu dan anak dalam keadaan baik. Hal ini terlihat saat si anak menangis ketika ibunya diperiksa oleh polisi. Andaru juga mengatakan bahwa perbuatan tersebut bukan perilaku berulang. “Ini hal yang berbeda. Yang jelas bukan perilaku berulang,” tegas Andaru seperti dilansir Kompas.com.  

Jaga Emosi

Pada masa pandemi seperti saat ini, tak mudah bagi setiap orang untuk menjaga emosi di tengah keterbatasan ruang gerak. Namun Moms tentunya juga perlu menyadari bahwa kondisi ini juga sulit bagi anak-anak, terutama balita ya, Moms. Dengan adanya saling pengertian, tentunya hal-hal seperti yang terjadi pada ibu MA tak akan terjadi pada Anda.

Selain itu, Moms juga bisa menghindari terjadinya stres selama masa pandemi, dengan cara:

• Melakukan olah pernapasan.



• Mengurangi kesibukan, misalnya Anda tidak perlu setiap saat membereskan rumah jika memang tak sempat.

• Fokus pada tugas-tugas yang memang harus dilakukan, seperti membantu anak bersekolah di rumah atau menyediakan makanan bagi keluarga.

• Luangkan waktu untuk bersantai sejenak, bisa dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau mungkin beristirahat.

• Berolahraga ringan di rumah. Olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres.

• Berkoordinasi dengan pasangan agar semua tanggung jawab di rumah selama masa pandemi bisa dilakukan bersama-sama.

Kehidupan pada masa pandemi COVID-19 memang terasa sulit. Tapi dengan melakukan penyesuaian diri, Moms pasti bisa mengatasinya bersama keluarga Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   anak belajar,   pandemi,   covid-19,   ibu pukuli anak