Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Tomat untuk MPASI Bayi Anda

7 Manfaat Tomat untuk MPASI Bayi Anda

Saat Si Kecil memasuki masa MPASI (Makanan Pendamping ASI) tentu Moms sudah tidak sabar ingin mengenalkan berbagai jenis makanan padanya. Selain memberikan pisang sebagai MPASI untuk bayi Anda, Moms juga bisa memilih buah lainnya seperti tomat.

Tak usah khawatir Moms, menurut Amy Chow, RDN, seorang ahli diet anak, tomat dapat segera dan aman dikonsumsi bayi Anda setelah mereka siap untuk makan makanan padat, yang umumnya berusia sekitar 6 bulan. Jadi tak ada salahnya bila Anda memberikan tomat sebagai MPASI untuk Si Kecil.

Anda juga perlu tahu bahwa tomat yang Anda jadikan sebagai MPASI Si Kecil juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi bayi Anda. Apa saja ya, manfaatnya?



1. Kaya Vitamin A

Tomat diketahui kaya akan vitamin A. Warna merah dan oranye pada tomat didapat dari adanya alfa karoten dan beta karoten. Vitamin A sangat baik untuk perkembangan mata bayi dan fungsi kekebalan tubuhnya.

2. Kaya Vitamin C

Tomat merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi bila dikonsumsi dengan makanan yang menjadi sumber zat besi. Mikronutrien ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu penyembuhan luka.

3. Sumber Antioksidan

Tomat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan penting untuk pola makan bayi Anda. Hal ini dikarenakan tingkat metabolisme tubuh bayi jauh lebih tinggi daripada orang dewasa, sehingga bisa meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh mereka. Jika jumlah radikal bebas meningkat, kemungkinan untuk terjadinya kerusakan sel dan DNA juga akan meningkat. Nah, antioksidan dapat melawan dan membantu menetralkan hal tersebut.



4. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Tomat juga diketahui kaya akan vitamin K yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan tulang pada bayi dari waktu ke waktu.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ada banyak entitas biokimia yang ditemukan dalam tomat yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang tentunya sangat penting untuk perkembangan bayi Anda, Moms.

6. Mengurangi Risiko Terkena Toksisitas Timbal

Timbal merupakan unsur kimia berbentuk logam dengan kandungan racun yang sangat tinggi. Melansir laman Alodokter, mengonsumsi tomat bisa menjadi cara untuk mengurangi risiko terkena toksisitas timbal atau keracunan timbal. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan vitamin C, yang dapat membantu mengurangi efek berbahaya yang ditimbulkan oleh timbal.

7. Dapat Menghidrasi Tubuh

Tomat merupakan salah satu buah yang kandungan airnya tinggi. Rata-rata tomat mengandung 94% air. Jika bayi Anda mengalami sembelit atau penyakit kuning, cairan tambahan dari tomat dapat membantu mengatasinya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: tomat,   bayi,   mpasi