Mother&Baby Indonesia
6 Manfaat Baby Spa yang Moms Perlu Tahu

6 Manfaat Baby Spa yang Moms Perlu Tahu

Moms tentu sudah familiar dengan spa. Kini, spa tak hanya untuk perempuan dan orang dewasa, karena bayi juga dapat melakukannya. Bahkan, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, baby spa adalah salah satu hal yang digandrungi oleh para ibu, terutama ibu muda yang baru memiliki anak.

Selain menyenangkan, tren ini tak bisa dilepaskan dari berbagai manfaat yang didapatkan baik oleh ibu dan bayi sendiri. Mau tahu lebih lanjut apa saja manfaatnya, Moms? Simak daftarnya berikut!

1. Memperdalam Bonding

Menghabiskan waktu dengan Si Kecil saat ia berenang dapat menjadi momen berkualitas bagi Anda dan Si Kecil. Saling menatap dan memberikan kalimat afirmatif saat Anda membantunya berenang dapat membangun secure attachment atau ikatan positif antara Anda dan Si Kecil. Kehadiran Anda saat ia berhasil melakukan hal secara mandiri dapat menjadi ikatan pengalaman bersama.



2. Meningkatkan Kekuatan Otot Bayi

Berolahraga di air terbukti mampu membantu melatih kekuatan otot bayi lebih efektif, dibandingkan dengan berolahraga di luar air. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Finlandia menemukan fakta bahwa bayi yang berenang akan cenderung mampu berjalan lebih dulu. Pasalnya, otot mereka menjadi lebih cepat kuat akibat berolahraga dalam air.

3. Mendukung Kesehatan Paru-paru

Saat melakukan baby spa, tekanan air yang lembut pada dada bayi dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dengan menguatkan otot interkostal dan memperbaiki sistem pernapasan secara menyeluruh. Artinya, baby spa dapat menurunkan risiko gangguan napas seperti asma.



4. Membantu Perkembangan Sistem Pencernaan

Melansir Baby Spa Perth, baby spa metode hydrotherapy, yakni berenang dan mengambang di air, dapat membantu menjaga perkembangan sistem pencernaan dan sirkulasi darah. Pergerakan tubuh bayi di dalam air memiliki dampak yang baik pada sistem pencernaan dan sirkulasi darahnya.

5. Memupuk Rasa Percaya Diri

Mengenalkan air pada anak sedini mungkin dapat membantu menghindari berkembangnya rasa takut terhadap air. Olahraga yang membuat Si kecil bergerak mandiri di dalam air mampu mendukung perkembangan rasa percaya dirinya.

6. Mengembangkan Koordinasi yang Baik

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh Norwegian University of Science & Technology, ditemukan bahwa bayi yang berenang memiliki keseimbangan yang lebih baik dan mampu mengenggam barang lebih mudah, dibandingkan dengan yang tidak. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: baby spa,   bayi