Mother&Baby Indonesia
Mengenal Metode ILA, Jalani Persalinan Tanpa Rasa Sakit

Mengenal Metode ILA, Jalani Persalinan Tanpa Rasa Sakit

Bagi ibu hamil yang sudah memasuki usia trimester ketiga, rasanya sudah semakin tak sabar untuk menyambut kelahiran Si Kecil, nih. Anda pun sudah melakukan banyak persiapan, khususnya secara fisik dan mental untuk bisa melakukan persalinan secara normal.

Namun, mungkin timbul kekhawatiran dalam benak Anda tentang proses yang akan dijalani. Salah satunya, Moms mulai membayangkan rasa sakit dari kontraksi yang bisa terjadi, bahkan hingga lebih dari 8 jam. Nah, rasa sakit ini ternyata bisa ‘hilang’ dalam sekejap jika Anda mengenal metode ILA.

Kebal Terhadap Rasa Nyeri

ILA merupakan kepanjangan dari Intrathecal Labour Analgesia, yaitu metode menyuntikkan obat bius ke ibu hamil saat ingin melahirkan normal. Namun, dalam melakukannya tentu diperlukan syarat khusus, di mana ibu sudah mengalami pembukaan empat atau lebih.



Obat bius ini akan disuntikkan melalui tulang belakang bagian bawah. Nantinya, Moms akan mengalami mati rasa pada bagian pinggang sampai kaki. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang karena tak terlalu merasakan mulas atau nyeri secara berlebihan akibat kontraksi.

Efek biusnya sendiri hanya terjadi selama beberapa jam karena dosisnya yang ringan. Selama ‘masa tenang’ inilah sang ibu akan menyiapkan tenaga untuk proses persalinan normal nantinya. Tak heran banyak ibu yang meminta metode ILA, terutama mereka yang sulit untuk menahan rasa nyeri menjelang persalinan.




Benarkah Bisa Dilakukan pada Saya?

Sebelum melakukan metode ILA, Moms tentu perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan atau bidan yang akan membantu persalinan. Sebab, ada beberapa kondisi yang diragukan dari ibu atau bayi untuk bisa diberikan obat bius.

Kondisi tersebut di antaranya kemungkinan bayi besar, posisi bayi yang belum pas dengan jalan lahir, atau panggul Moms yang asimetris. Hal-hal ini yang membuat petugas medis menyarankan Anda untuk tidak melakukan persalinan normal, melainkan dengan operasi caesar untuk mengurangi risiko tidak diinginkan.

Apabila Anda memiliki kesiapan dan kondisi tubuh yang sangat baik, maka metode ILA bisa diberikan. Walaupun dijamin aman, Moms tetap perlu ingat bahwa obat bius ini bisa memberikan efek samping seperti mual, sakit kepala, bahkan tekanan darah yang menurun, sehingga perlu adanya pengawasan dari dokter atau bidan sampai sesaat setelah persalinan selesai. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   ibu melahirkan,   ila,   intrathecal labour analgesia