Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Alami agar Bisa Cepat Melahirkan

7 Makanan Alami agar Bisa Cepat Melahirkan

Ketika kehamilan Anda sudah memasuki usia 39 atau 40 minggu, Anda pasti ingin mencoba berbagai hal yang bisa memicu kontraksi agar cepat melahirkan. Salah satu hal aman yang bisa Anda coba adalah mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu mempercepat persalinan. Lihat daftar makanannya, yuk!

1. Nanas

Walau belum terbukti secara medis, namun What to Expect menyebutkan nanas memiliki enzim bromelain yang melembutkan leher rahim dan memicu kontraksi. Nah, jika Anda ibu hamil yang sudah mendekati (atau bahkan melewati) due date namun belum juga melahirkan, tak ada salah mengonsumsi nanas yang enak dan sehat ini kan, Moms. 

2. Castor Oil

Ternyata ini sudah terbukti dalam penelitian kalau castor oil atau minyak jarak memang bisa memicu kontraksi. Namun para dokter tidak menyarankan penggunaan castor oil untuk menstimulasi kontraksi, karena memberikan efek laksatif yang membuat bumil lebih sering ke toilet. Sering BAB saat sedang kontraksi? Wah, sepertinya bukan perpaduan yang baik ya, Moms.



3. Red Raspberry Leaf Tea

Teh herbal ini mungkin masih aneh didengar, namun sudah banyak dijual kok, Moms. Banyak yang bilang, buah raspberry merah bisa meningkatkan aliran darah ke rahim dan memicu kontraksi. Sayangnya belum ada penelitian yang membuktikan khasit teh herbal ini untuk melancarkan persalinan.

4. Makanan Pedas

Walau bisa mengiritasi saluran pencernaan, namun banyak ibu hamil yang percaya makanan pedas bisa membantu memicu persalinan. Namun ini sepertinya lebih manjur jika dikonsumsi pada saat ibu hamil sudah memasuki pembukaan awal. Jika benar makanan pedas bisa memicu kontraksi, berbagai makanan khas Indonesia juaranya ya, Moms. Tapi jangan dikonsumsi berlebihan juga, ya.



5. Terong

Tidak ada penelitian yang menyebutkan terong bisa memicu kontraksi yang merangsang pembukaan persalinan. Alasan terong dipercaya memicu kontraksi mungkin berkaitan dengan terong parmesan yang terkenal di restoran Scalini, Atlanta, Amerika Serikat. Restoran ini menjamin terong parmesan buatannya bisa merangsang persalinan. Jika tidak terbukti, ya setidaknya Anda menikmati makanan enak sebelum berjuang di ruang bersalin.

6. Balsamic Vinegar

Sama dengan terong, sepertinya balsamic vinegar juga disebut sebagai makanan yang bisa mempercepat kontraksi karena sebuah restoran yang menyajikan maternity salad di California. Restoran ini bernama Caioti Pizza Cafe, yang menjamin menu andalannya (yang bumbu rahasianya berbahan dasar balsamic vinegar) bisa merangsang persalinan. Namun sekali lagi kami tekankan, ini tidak ada bukti klinisnya ya, Moms. 

7. Kurma

Ada studi yang menyebutkan kalau wanita hamil yang rutin mengonsumsi 6 kurma per hari selama sebulan sebelum melahirkan, maka kesempatannya melahirkan tepat waktu pun meningkat. Tak ada salahnya mengonsumsi 6 kurma per hari kan, Moms, selain enak, kurma juga tinggi serat yang baik untuk pencernaan Anda. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   kandungan,   persalinan,   makanan,   kontraksi