Mother&Baby Indonesia
5 Rekomendasi Rattle Bayi untuk Stimulasi Bayi Optimal

5 Rekomendasi Rattle Bayi untuk Stimulasi Bayi Optimal

Bagi orang dewasa, bermain mungkin bukanlah aktivitas yang paling penting untuk dilakukan. Tapi lain halnya bagi bayi. Banyak penelitian menemukan bahwa bermain adalah hal yang terpenting bagi bayi. Sebabnya, bermain merupakan sarana belajar pertama baginya.

Tapi Moms perlu teliti saat memilih permainan untuk Si Kecil. Bila Moms ingin memberikan mainan, pilih yang dapat mendukung perkembangan seluruh sensori dan indra Si Kecil dengan optimal. Hal ini penting karena menjadi pondasi Si Kecil untuk mengembangkan kemampuan dan belajar banyak hal lainnya di masa depan.

Contoh mainan yang tepat dimainkan oleh bayi adalah rattle. Rattle biasanya memiliki bentuk yang mudah digenggam dan bersuara saat digoyangkan, sehingga mampu membantu Si Kecil merangsang perkembangan kemampuan motorik halus, intelektual, penglihatan, pengenalan tekstur, dan koordinasi. Untuk membantu Moms memilih rattle yang tepat, M&B sudah merangkum beberapa rekomendasinya untuk Anda.



1. Playgro Click and Twist Rattle


Mainan ini memiliki ukuran yang pas sehingga dapat dengan mudah dipegang dan dimainkan oleh Si Kecil. Produk ini dirancang agar dapat mendukung perkembangan seluruh sensori bayi, mulai dari pendengaran, peraba, motorik halus, penglihatan, hingga kemampuan berpikir. Bentuknya dapat berubah-ubah sesuai tarikan bayi, dan dapat mengeluarkan suara "klik-klak" saat berubah bentuk. Terdapat pula beberapa permukaan tekstur yang berbeda untuk merangsang indra peraba dan membantu proses pertumbuhan giginya. Permainan ini sudah bisa diberikan sejak umur bayi 3 bulan (harga Rp119.000).

2. IQAngel Manhattan 6 Teether Rattle Toy


Bentuknya yang unik dan terbuat dari bahan yang aman, mainan ini dapat membantu pertumbuhan gigi Si Kecil sembari merangsang berbagai indra Si Kecil. Warna-warni yang cerah akan mendukung proses belajar warna dan perkembangan indra penglihatan Si Kecil. Ukuran dan bentuknya pas untuk melatih kemampuan menggenggam Si Kecil. Terdapat pula permukaan lembut dengan berbagai tekstur, yang pas untuk pertumbuhan gigi dan kemampuan sensori peraba Si Kecil. Mainan ini terjamin keamanannya karena dapat disteril dan direbus hingga suhu 120 derajat Celsius (harga Rp116.000).

3. ELC Baby Safari Lion Rattle and Jiggle




Bentuk singa yang lucu dengan kombinasi warna yang cerah, material utama kain dan busa yang empuk, serta suara gemerincing yang lembut dan menarik membuat mainan ini bisa diberikan pada bayi sejak ia baru lahir. Bahan kain dan busa membuat mainan ini empuk dan ringan, sehingga tidak terlalu berat untuk bayi yang masih kecil. Suara gemerincing yang lembut dan seru mampu merangsang berbagai kemampuan sensori Si Kecil sejak dini. Selain itu, rattle ini memiliki kait sehingga bisa ditaruh atau digantungkan pada berbagai benda dan mudah dibawa-bawa (harga Rp189.000).

4. Fisher Price Rattle Toy (Broccoli Sheep)


Didesain untuk perkembangan bayi mulai usia 6 bulan ke atas, mainan ini mampu merangsang berbagai kemampuan sensorinya. Warnanya yang cerah dan bentuknya yang unik merangsang indra penglihatannya. Mainan ini juga mampu merangsang logika dan daya pikirnya dengan memberikan pengalaman sebab-akibat yang menarik, manik-manik akan berbunyi dan terlihat bergoyang-goyang saat digerakkan, serta suara lucu akan muncul ketika kaki domba ditekan (harga Rp69.000).

5. Funtime Rattle Ball


Bentuknya yang bulat membuat mainan ini tepat untuk Si Kecil yang sudah berusia 6 bulan dan yang sedang dalam masa merangkak. Dirancang sebagai mainan menyenangkan yang penuh manfaat, rattle ini akan berbunyi ketika digerakkan atau digelindingkan, sehingga mampu merangsang kemampuan motorik halus, motorik kasar, pendengaran, penglihatan, serta daya berpikir. Mainan ini juga bisa membuat momen mandi Si Kecil terasa lebih menyenangkan lho, Moms, karena dapat dijadikan sebagai bath toy (harga Rp136.900). (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik, Playgro, Babiesrus, Blibli, Shopee, Tokopedia)



Tags: rattle,   mainan,   bayi,   rekomendasi