Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Aplikasi untuk Mengetahui Masa Subur

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengetahui Masa Subur

Teknologi semakin canggih. Hanya melalui telepon genggam, Anda bisa mendapatkan berbagai aplikasi yang bisa membantu mempermudah segala aspek kehidupan Anda.

Bagi wanita, khususnya Moms yang tengah menjalani program kehamilan, ada sejumlah aplikasi yang bisa membantu Anda menentukan masa subur. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan.

1. Clue

Tersedia untuk iOS maupun Android, Clue merupakan salah satu aplikasi favorit terkait masa haid dan proses ovulasi. Aplikasi ini tidak hanya membantu Moms untuk mengetahui jadwal menstruasi, tapi juga menyediakan sejumlah informasi tentang apa yang terjadi pada tubuh Anda, termasuk gejala PMS seperti hormon seks, kondisi psikologis dan mental, emosi, hingga kondisi cairan serviks. Bukan hanya itu, Clue juga memberikan sejumlah saran guna mengatasi masalah-masalah tersebut.




2. Flo

Aplikasi ini tergolong mudah digunakan, tapi bisa menyediakan data lengkap tentang siklus menstruasi, ovulasi, serta masa subur Anda. Jika Moms tengah merencanakan kehamilan, Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, Flo juga akan memberitahu Anda kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seks sekaligus turut mencatat suhu basal. 


3. Eve Tracker App

Aplikasi ini memiliki tampilan yang manis. Eve Tracker App merupakan aplikasi khusus siklus haid yang menyediakan fitur utama yang mengusung tema cyclesope. Ya, fitur ini memberikan informasi terkait gejala PMS dan proses yang akan dilalui berdasarkan horoskop atau zodiak. 


4. Ovia Fertility and Cycle Tracker

Ovia disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi paling jitu dalam menentukan masa subur wanita. Secara teknis, aplikasi ini membantu Anda dengan data-data seperti temperatur basal dan posisi leher rahim. Sebagai tambahan, aplikasi ini juga bisa memprediksi kapan waktu menstruasi berdasarkan data yang Anda masukkan.



Selain itu, Ovia juga menyediakan saran tentang berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan guna memperbesar peluang kehamilan, termasuk menu makanan sehari-hari.


5. Glow

Fitur utama glow adalah untuk menentukan siklus masa subur wanita dengan tujuan membantu terjadinya kehamilan. Aplikasi ini gratis. Tapi dengan memilih untuk menggunakan fasilitan berbayar, Anda akan mendapatkan fasilitas lebih banyak, termasuk panduan untuk melakukan meditasi guna mengurangi stres dan membandingkan gejala-gejala yang mungkin terjadi pada tubuh Anda dengan orang lain ketika berada dalam kondisi yang sama.

Satu hal yang membedakan aplikasi ini dengan lainnya adalah layanan yang juga bisa digunakan oleh pria. Ya, para suami bisa ikut memasukkan data mereka untuk mengetahui masa suburnya. Data suami dan istri juga bisa disambungkan sehingga membantu pasangan untuk mencari waktu tepat bercinta sehingga memperbesar peluang kehamilan.


Lantas aplikasi mana yang paling akurat? Perlu Moms ketahui, aplikasi tersebut hanya bersifat membantu saja. “Saat Anda tengah merencanakan kehamilan, mendapatkan lebih banyak informasi merupakan hal yang baik. Faktanya, mengetahui siklus masa kesuburan Anda memang mampu meningkatkan peluang untuk bisa hamil,” jelas Dr. Nathaniel G. DeNicola, ketua Telehealth for the American College of Obstetricians and Gynecologist, seperti dilansir situs Parents.

Meski begitu, dokter DeNicola juga mengingatkan agar Moms dan Dads tidak terlalu mengandalkan aplikasi. Anda juga perlu berkonsultasi dengan ahlinya dan melakukan pemeriksaan untuk membantu merencanakan kehamilan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Techlomedia, Romper)



Tags: masa subur,   aplikasi,   siklus menstruasi