Mother&Baby Indonesia
Bertualang Mengenal Budaya Indonesia dari Game Digital, Yuk!

Bertualang Mengenal Budaya Indonesia dari Game Digital, Yuk!

Moms, selama masa pandemi ini, banyak rencana yang akhirnya tertunda seperti melakukan liburan. Padahal, berlibur ke tempat wisata di berbagai wilayah di Indonesia bisa menjadi media untuk mengenalkan Si Kecil dengan budaya yang ada di tanah air kita ini.

Tapi, ternyata ada cara lain yang bisa menjadi sarana belajar tentang budaya Indonesia dari rumah dan tentunya menyenangkan. Anda bisa mengajak anak bermain game digital dari Garena yang diluncurkan sejak Juli 2020 bernama Fantasy Town.

Bermain sambil Belajar




Permainan daring ini berjenis farming simulator, yaitu simulasi membangun kota impian dengan beragam aktivitas selama permainan. Moms dan Dads bersama Si Kecil bisa menggunakan fitur-fitur seru dan menegangkan di dalamnya, sebagai berikut:

1. Bercocok tanam dan berternak dengan hasil produk yang bisa dijual. Tak hanya sebagai bahan baku, tapi juga dijadikan sebagai olahan pabrik sehingga harganya lebih mahal.

2. Berdagang untuk bisa membangun kota dan memilih karakter sendiri, serta membantu teman untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

3. Berpetualang dengan menghadapi tantangan seperti menyelamatkan rakyat atau menjelajahi area misterius. Setelah menyelesaikannya, Bossku (sebutan pemain) akan mendapatkan hadiah.

Permainan Fantasy Town sendiri sudah bisa diunggah melalui Play Store dan App Store, sesuai dengan ponsel yang Anda gunakan. Jika anak juga turut bermain dengan didampingi orang tua, maka ia dapat belajar tentang menanam, berdagang, dan juga berbagi dengan pemain Fantasy Town lainnya.



Game “Indonesia Banget”


Hal yang unik dari permainan asli creator Indonesia ini adalah beragam karakter dari tokoh legenda hingga bangun yang terinspirasi dari hal-hal ikonik dari berbagai kota di Indonesia. Dan hal ini yang menjadi daya tarik bagi Anda sebagai pemain untuk bisa mengenal budaya tanah air dengan bermain game ini.

“Ada begitu banyak kekayaan dan material penting dari kultur Indonesia seperti seni, sejarah, dan peninggalan, yang sebelumnya hanya dapat dilihat oleh mereka yang cukup beruntung bisa mengunjungi tempat tersebut. Fantasy Town merupakan sebuah usaha dari Garena Indonesia untuk melestarikan budaya lokal ini sehingga dapat diakses oleh siapa saja secara digital. Game ini diharapkan dapat juga bermanfaat untuk kepentingan edukasi budaya dalam menginspirasi generasi mendatang,” jelas Hans Kurniadi Saleh, Direktur Garena Indonesia.

Tempat bersejarah di Indonesia yang resmi dihadirkan dalam Fantasy Town hari ini di antaranya adalah: Candi Borobudur, Monumen Nasional (Monas), Lawang Sewu, Kota Tua Jakarta, Rumah Gadang hingga Rumah Adat Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Makassar.

Selain itu, permainan ini juga memiliki berbagai karakter dan kostum yang berasal dari cerita rakyat Indonesia seperti Kabayan, Iteung, hingga Radu yang terinspirasi dari pakaian adat Madura. Hal ini yang membuat momen bermain terasa seperti sedang membangun kota sendiri yang memiliki nuansa “Indonesia Banget”.

Fantasy Town pun sudah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia. “Kemenparekraf menyambut baik kehadiran Fantasy Town dalam perannya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Kami berharap, semoga ke depannya, Fantasy Town dapat ikut terus mengenalkan budaya Indonesia hingga ke mancanegara,“ tutup Josua Puji Mulia Simanjuntak, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif. Jadi, selamat bermain bersama Si Kecil, Bossku! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Garena Indonesia)



Tags: rekomendasi,   hiburan,   game digital