Mother&Baby Indonesia
6 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil yang Perlu Anda Tahu

6 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil yang Perlu Anda Tahu

Saat hamil, tak sedikit wanita yang mengalami ngidam pada makanan tertentu. Ngidamnya pun terkadang juga terjadi di waktu yang tidak terduga, misalnya tengah malam. Mulai dari ngidam makan martabak, nasi goreng, soto, dan masih banyak lagi.

Selain ngidam makan makanan seperti di atas, ada pula ibu hamil yang ngidam makan cokelat. Kabar baiknya, menurut sebuah studi, makan cokelat saat hamil dapat membuat ibu dan bayi sehat dengan mengurangi risiko pre-eklampsia dan meningkatkan fungsi plasenta. Para peneliti di Yale University menemukan bahwa mengonsumsi cokelat saat hamil dapat menurunkan risiko pre-eklampsia hingga hampir 70%.

Tak hanya itu, Moms. Masih banyak manfaat lain bila Anda makan cokelat saat hamil. Apa saja ya?



1. Perkembangan Janin Lebih Baik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi cokelat setiap hari selama hamil memiliki pertumbuhan plasenta dan janin yang lebih baik.

Dr. Emmanuel Bujold, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Universite Laval di Quebec City, mengatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah kecil secara teratur dari trimester pertama kehamilan, dapat berpengaruh pada peningkatan fungsi plasenta. Selain itu makan cokelat selama hamil juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

2. Bayi Lebih Bahagia

Sebuah penelitian yang dimuat di majalah New Scientist menunjukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi lebih banyak dark chocolate akan melahirkan bayi yang lebih bahagia, lebih bersemangat, atau penuh energi.

Namun alasan bahwa cokelat dapat mempengaruhi lahirnya bayi yang lebih bahagia juga belum diketahui. Mungkin hal ini bisa dikarenakan cokelat melewati plasenta yang masuk ke dalam ASI atau peningkatan kebahagiaan yang dirasakan ibu dari mengonsumsi cokelat sehingga bisa membuat janin bahagia.



3. Melindungi Janin dari Stres saat Hamil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat saat hamil dapat melindungi janin dari stres yang mungkin dialami ibu pada masa kehamilan. Diketahui, Ibu yang makan cokelat saat hamil memiliki tingkat stres yang rendah dan cenderung memiliki bayi yang pemberani. Sementara Ibu yang tidak pernah makan cokelat saat hamil diketahui memiliki tingkat stres yang tinggi dan cenderung anak memiliki bayi yang penuh rasa takut.

4. Meredakan Stres

Perubahan hormon yang terjadi ketika hamil tak jarang membuat ibu mengalami stres. Mengonsumsi cokelat diketahui dapat membantu menurunkan tingkat stres secara signifikan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Proteome Research menemukan bahwa makan 1,4 ons dark chocolate setiap hari selama dua minggu dapat membantu menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres).

5. Mengurangi Kemungkinan Keguguran

Meski tidak ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya keguguran, namun ditemukan bahwa wanita hamil yang makan cokelat setiap hari memiliki peluang sebesar 20% lebih kecil untuk mengalami keguguran selama trimester pertama.

6. Membantu Menjaga Berat Badan

Mungkin Moms khawatir bila Anda makan cokelat saat hamil hal ini justru akan membuat berat badan Anda bertambah. Namun mengonsumsi dark chocolate ternyata dapat membantu menjaga kenaikan berat badan yang sehat dan menurunkan kadar kolesterol lho, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: cokelat,   ibu hamil,   kehamilan