Mother&Baby Indonesia
Cara agar Cepat Hamil untuk Wanita dengan Rahim Terbalik

Cara agar Cepat Hamil untuk Wanita dengan Rahim Terbalik

Tahukah Moms bahwa 1 dari 5 ibu memiliki rahim terbalik atau rahim retrofleksi? Rahim terbalik adalah kondisi di mana posisi rahim lurus ke belakang (menghadap ke arah anus atau tulang belakang), bukan menghadap ke depan atau ke arah perut dan terletak di atas kandung kemih.

Beberapa tanda seorang wanita memiliki rahim terbalik umumnya adalah sering buang air kecil, nyeri saat berhubungan seks, nyeri menstruasi, serta infeksi saluran kemih yang berulang.

Kondisi ini sebenarnya sama sekali tidak berbahaya dan tidak memengaruhi kesuburan Anda. Menurut para ahli, kondisi ini hanyalah variasi biologis yang normal. Tak perlu khawatir bila kondisi rahim terbalik menghambat Anda untuk hamil, karena terbukti tidak berkaitan satu sama lain. Walau begitu, Moms bisa coba beberapa trik berikut agar bisa cepat hamil.



Pilih Posisi Seks yang Tepat

Memiliki rahim terbalik dapat membuat bercinta terasa tidak nyaman dan menyakitkan. Hal ini dapat membuat Anda menghindari melakukannya dan dapat menghambat upaya mendapatkan momongan. Moms bisa mengatasinya dengan memilih posisi seks yang tepat. Hindari posisi seks yang menyebabkan penetrasi sangat dalam.

Beberapa posisi yang bisa dicoba adalah posisi woman-on-top dan knee-on-shoulder. Pada posisi woman-on-top, Anda bisa mengontrol seberapa dalam penetrasi, dan posisi knee-on-shoulder bisa menghindari penetrasi yang terlalu dalam.

Hindari Stres

Pada zaman dahulu, rahim terbalik seringkali disebutkan sebagai salah satu sebab seorang wanita menjadi sulit hamil. Padahal, banyak penelitian yang menemukan bahwa fertilitas dan posisi rahim saling berkaitan. Dugaan ini seringkali membuat ibu menjadi stres, yang malah membuat upaya hamil betulan menjadi sulit.



Ya Moms, stres telah lama dihubungkan dengan berkurangnya kesempatan hamil pada seseorang. Maka dari itu, hindari stres bila Anda sedang berusaha hamil. Stres dapat memengaruhi produksi dan kinerja hormon yang bisa membantu Anda hamil.

Olahraga

Berolahraga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan lebih siap untuk hamil. Selain itu, beberapa olahraga tertentu dapat membantu posisi rahim Anda menghadap ke depan. Walau memang posisi rahim terbalik tidak memengaruhi fertilitas, memosisikan rahim menghadap ke depan dapat membantu membuat proses bersenggama terasa lebih nikmat dan menyenangkan.

Moms bisa coba senam Kegel atau knee-chest exercise untuk membantu menangani rahim terbalik. Perlu diingat, langkah ini bukan solusi yang permanen dan hanya bersifat temporer, ya.

Konsultasi dengan Dokter

Bila Moms merasa memiliki rahim terbalik dan hal ini memengaruhi kesempatan Anda untuk hamil, maka Moms perlu konsultasikan masalah ini dengan dokter karena rahim terbalik dapat menjadi tanda atau kondisi lain. Melansir Baby Center, pelvic inflammatory disease (PID) atau radang panggul dapat menjadi dalangnya. Radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita, mulai dari mulut rahim, rahim, hingga ovarium. Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu mendeteksi masalah Anda dan mengatasinya dengan tepat. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   kesuburan,   rahim terbalik,   rahim retrofleksi,   cepat hamil