Mother&Baby Indonesia
Batuk saat Hamil? Begini Cara Tepat Mengatasinya

Batuk saat Hamil? Begini Cara Tepat Mengatasinya

Kehamilan membuat Anda harus lebih cermat mengatasi berbagai keluhan kesehatan, termasuk mengatasi batuk saat hamil. Masalah kesehatan yang sering terjadi ini memang tidak boleh disepelekan saat hamil, karena asal-asalan dalam mengobati batuk bisa berdampak negatif pada ibu dan janin. Untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, yuk ketahui cara tepat dan alami mengatasi batuk saat hamil.

Cara Alami

University of Michigan Health System dan mayoritas dokter spesialis obgyn menyarankan untuk tidak mengonsumsi obat apa pun hingga kehamilan Anda berusia 12 minggu. Bahkan banyak juga dokter obgyn yang menyarankan untuk menghindari obat hingga kehamilan 28 minggu, karena itu merupakan waktu kritis dalam pembentukan organ-organ janin.

Untuk meredakan batuk saat hamil dengan cara-cara yang alami atau tanpa obat-obatan, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:



• Oleskan krim atau balsam mentol di area dada dan leher untuk menghangatkan saluran pernapasan. Oleskan juga sedikit balsam di bawah hidung, tapi tidak perlu terlalu banyak, Moms.

• Konsumsi minuman hangat rendah kafein. Semangkuk sup ayam hangat juga akan bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat lho, Moms.

• Berkumurlah dengan air hangat yang telah diberi garam, ini efektif untuk meringankan radang tenggorokan.

• Banyak istirahat. American Pregnancy Association (APA) merekomendasikan bumil untuk banyak istirahat dan mencukupi kebutuhan tidur harian. Cara ini meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan bakteri atau virus penyebab batuk.

• Banyak minum. Bisa air mineral, jus, kaldu, atau cairan apa pun yang membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian.

• Nyalakan humidifier atau pelembap ruangan. Cara ini membantu mengurangi hidung yang tersumbat.



• Tinggikan posisi kepala saat tidur. Anda bisa menggunakan dua bantal agar kepala lebih tinggi saat berbaring. Cara ini tepat untuk mencegah dahak mengalir dan mengiritasi tenggorokan.

Cara Medis

Walau usia kehamilan Anda sudah lebih dari 12 minggu, namun sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat batuk tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya. Mengutip APA, berikut beberapa jenis obat yang sering diberikan dokter untuk meredakan batuk membandel saat hamil:

Acetaminophen. Ini sering diberikan untuk meredakan demam, sakit kepala, dan nyeri tubuh yang sering menyertai bumil ketika terserang batuk membandel.

Dextromethorphan. Umumnya ini diberikan untuk meredakan batuk dengan menekan sinyal pemicu refleks batuk ke otak.

Guaifenesin. Ini adalah obat pengencer dahak atau ekspektoran yang tergolong aman untuk ibu hamil dan janin.

Ingat, banyak hal yang bisa menyebabkan Anda batuk, seperti alergi makanan, debu, atau tungau. Maka sebaiknya ibu hamil tidak minum obat batuk sembarangan, karena beda penyebabnya maka beda pula obatnya lho, Moms. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu ya sebelum minum obat apa pun. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: batuk,   kesehatan,   kehamilan,   obat batuk,   ibu hamil