Mother&Baby Indonesia
Ini Cara agar Tetap Mencintai Tubuh Anda saat Hamil

Ini Cara agar Tetap Mencintai Tubuh Anda saat Hamil

Selain mengalami perubahan hormon, saat hamil seorang wanita juga mengalami perubahan secara fisik, baik itu perubahan bentuk tubuh yang disebabkan kenaikan berat badan selama hamil, atau kondisi yang membuatnya tak nyaman seperti membengkaknya kaki atau merasakan pegal-pegal pada tubuh.

Namun, perubahan bentuk tubuh tampaknya merupakan hal yang paling diperhatikan para wanita ketika hamil. Bahkan tak jarang, banyak pula wanita yang merasa kesal dengan perubahan bentuk tubuhnya sehingga membuat mereka menjadi tidak percaya diri. Apalagi ketika mereka mendapatkan komentar negatif tentang perubahan bentuk tubuhnya ini.

Sebenarnya, perubahan bentuk tubuh saat hamil adalah hal yang normal dan pasti terjadi, entah itu terlihat secara drastis maupun tidak. Perubahan bentuk tubuh ini juga sebenarnya hanya terjadi sementara waktu dan setiap wanita bisa kembali mendapatkan bentuk tubuhnya seperti sebelum hamil dan melahirkan.



Daripada terus berpikiran negatif tentang perubahan tubuh Anda saat hamil sehingga mungkin bisa berpengaruh pada suasana hati Anda, lebih baik Anda berpikir positif dan tetap mencintai tubuh Anda saat hamil. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap mencintai tubuh saat hamil, Moms.

1. Puji Diri Anda

Kehamilan adalah hal yang paling menakjubkan yang dapat dialami oleh wanita. Anda bisa memberi pujian pada diri sendiri bahwa Anda berhasil membesarkan manusia lain di tubuh Anda. Hal ini juga harus disyukuri, Moms, karena masih banyak wanita di luar sana yang berjuang untuk melawan ketidaksuburan. Nikmati pula masa-masa kehamilan Anda yang spesial ini selagi bisa, Moms!

2. Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Di era media sosial seperti sekarang ini, memang sulit untuk tidak membandingkan penampilan tubuh Anda saat hamil dengan orang atau ibu hamil lain. Mungkin Moms juga tak jarang membuat perbandingan antara bentuk benjolan perut Anda dengan perut ibu hamil lain yang benjolannya lebih kecil, atau mengapa ibu lain tidak mengalami pembengkakan pada kaki saat hamil, dan kenapa mereka masih bisa melakukan aktivitas fisik melebihi diri Anda.



Nah mulai sekarang, berhentilah untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain, Moms! Ingatlah kehamilan adalah bagian dari fase kehidupan Anda, dan setiap ibu memiliki pengalaman kehamilan yang berbeda.

3. Cintai Diri Anda

Kehamilan adalah waktu di mana seorang wanita perlu mencintai diri dan tubuhnya sendiri. Berikanlah diri Anda kesempatan untuk meluangkan waktu guna merefleksi diri Anda sendiri dan mencari tahu apa yang akan membantu Anda merasa dicintai dan percaya diri. Makanlah makanan yang menyehatkan tubuh Anda, temukan aktivitas yang membantu Anda rileks, atau kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memberikan Anda energi positif.

4. Lakukan Aktivitas Fisik

Olahraga dapat membantu seseorang mengatasi stres serta membuat Anda merasa semangat. Maka saat hamil maupun tidak, seseorang disarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Dengan melakukan aktivitas fisik selama hamil, Anda bisa mengurangi ketidaknyamanan umum yang mungkin dirasakan saat hamil seperti sakit punggung, kelelahan, dan pembengkakan kaki. Karena Anda sedang hamil, Moms cukup melakukan aktivitas yang ringan dan Anda sukai seperti berjalan kaki dengan pasangan, menari dengan santai, atau berenang.

5. Pakai Pakaian yang Nyaman

Mengenakan pakaian yang nyaman dan membuat percaya diri adalah hal yang penting bagi ibu hamil. Jadi pastikan Moms memilih mengenakan baju yang nyaman sesuai bentuk tubuh Anda ya. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: self care,   mencintai bentuk tubuh,   kehamilan,   ibu hamil