Mother&Baby Indonesia
6 Minuman Paling Ampuh Turunkan Berat Badan

6 Minuman Paling Ampuh Turunkan Berat Badan

Siapa yang kerap kali merasa kurang senang dengan berat tubuh yang dimiliki sekarang? Memiliki berat tubuh yang ideal, memang merupakan dambaan seluruh orang. Namun tetap harus diingat bahwa tiap orang memiliki standar berat yang berbeda sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Maka dari itu, jangan sampai Moms melakukan diet ekstrem hingga membahayakan kesehatan diri sendiri.

Kebutuhan menurunkan berat badan ini bisa saja timbul usai melahirkan maupun sebagai upaya untuk menjaga tubuh untuk terus sehat dan bugar. Selain olahraga, memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi juga berkontribusi besar dalam usaha menuju sukses meraih berat tubuh yang sehat.

Tak hanya makanan, konsumsi cairan pun bisa menunjang diet Moms sekaligus menciptakan gaya hidup yang sehat untuk keseharian Anda. Yuk, simak 6 minuman berikut ini yang dinilai ampuh dalam menurunkan berat badan.



1. Kopi

Bagi Moms pencinta kopi yang gemar meneguk segelas kopi setiap hari, Anda tampaknya bisa melanjutkan kebiasaan ini karena kopi termasuk dalam deretan minuman ampuh yang bisa menurunkan berat badan. Ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi yang berperan sebagai pendorong tubuh untuk meningkatkan metabolisme sekaligus membantu mengurangi penggunaan energi.

Dengan demikian, berat tubuh bisa berkurang seiring dengan konsumsi kopi. Namun, patut diingat bahwa ini hanya berlaku bagi minuman kopi yang tidak menggunakan tambahan apa pun ya Moms, contohnya susu, gula, dan krim.

2. Air

Meningkatkan jumlah konsumsi air putih setiap hari bisa membuat Moms memiliki lingkaran pinggang yang lebih kecil daripada sebelumnya. Pasalnya, air mampu membuat tubuh merasa kenyang di antara jeda waktu makan serta meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Ini pula yang membuat para peneliti menyarankan untuk minum air sebelum makan agar semakin menyukseskan usaha diet Anda, Moms.

3. Teh Hitam

Moms mungkin familiar dengan sebutan bahasa Inggrisnya, yaitu black tea, karena kerap ditemukan dalam menu kafe masa kini. Warna gelap yang dimiliki teh ini tercipta akibat proses oksidasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teh lainnya.



Selain itu, teh hitam mengandung polifenol yang menstimulasi penghancuran lemak serta meningkatkan bakteri sehat di dalam tubuh. Dalam sebuah studi yang dikutip dari Healthline, 111 orang yang minum 3 gelas teh hitam tiap hari mengalami penurunan berat badan setelah tiga bulan.

4. Teh Hijau

Mengurangi berat badan serta lemak di tubuh merupakan sebagian kecil manfaat dari teh hijau bagi tubuh. Tak hanya itu, teh jenis ini mengandung antioksidan yang baik serta kaya akan nutrisi yang semakin menunjang usaha diet Anda. Selain itu, dengan kandungan kafein yang dimilikinya, teh hijau turut meningkatkan energi tubuh sehingga Anda semakin semangat untuk berolahraga yang turut bermanfaat dalam penurunan berat badan.

5. Teh Jahe

Masyarakat umumnya mengetahui bahwa teh jahe kerap dikonsumsi saat mengalami pilek, mual, maupun ketika menderita artritis. Selain manfaat tersebut, teh jahe pun dinilai mampu meningkatkan rasa kenyang pada tubuh sehingga berperan besar dalam usaha mengurangi jumlah makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

6. Jus Sayur

Jumlah konsumsi sayur tiap hari akan semakin meningkat dengan minum jus sayur. Jus sayur bermanfaat untuk menurunkan konsumsi karbohidrat yang merupakan salah satu misi utama saat diet. Walaupun demikian, makan sayur seutuhnya saat kapan pun Moms bisa tetap menjadi pilihan terbaik bagi kesehatan tubuh dikarenakan adanya pengurangan serat yang bisa diserap akibat proses pembuatan jus.

Namun, tak ada salahnya melakukan hal ini jika ingin meraih hasil lebih optimal dan menyehatkan bagi tubuh. Beberapa contoh jus sayur yang bisa Anda konsumsi adalah jus wortel serta jus bayam. (Oktavia Putri/SW/Dok. Freepik)



Tags: minuman,   diet,   berat badan,   nutrisi