Mother&Baby Indonesia
Ini 7 Manfaat Baik Orgasme untuk Kesehatan Anda, Moms

Ini 7 Manfaat Baik Orgasme untuk Kesehatan Anda, Moms

Saat berhubungan intim, orgasme merupakan hal yang ingin diperoleh setiap pasangan. Orgasme tidak semata memberikan kesenangan sesaat. Orgasme bermanfaat untuk menambah mesra hubungan Anda dan pasangan. Orgasme juga ternyata membawa sejumlah manfaat baik untuk tubuh Anda, lho!

Ya, di balik sejuta sensasi yang kita rasakan saat mengalami orgasme, terselip juga segudang khasiatnya bagi tubuh kita. Penasaran apa saja manfaatnya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat orgasme bagi kesehatan tubuh Anda, Moms.

1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Usai mengalami orgasme, tubuh akan memproduksi hormon seperti prolaktin, dopamin, dan oksitosin yang akan membuat tubuh jadi lebih rileks. Kondisi ini akan membantu Anda bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Bangun pagi keesokan harinya pun tubuh Anda akan lebih segar.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Orgasme bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda untuk melawan penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan di Wilkes University, Pennsylvania, Amerika Serikat, berhubungan seks setidaknya dua kali dalam seminggu dapat membantu meningkatkan jumlah antibodi yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Anda pun jadi tidak mudah terserang penyakit, Moms.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Saat kita berhubungan intim, maka denyut jantung akan meningkat, dan itu artinya bagus bagi jantung. Ketika mencapai orgasme, denyut jantung mencapai level yang sama layaknya kita melakukan olahraga ringan, seperti berjalan cepat. Bahkan studi yang dimuat di The American Journal of Medicine menyebutkan, rutin orgasme dan berhubungan seks dapat menurunkan risiko kematian pada penderita serangan jantung.

4. Mencegah Penuaan Dini

Orgasme membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya, wajah cerah, kulit sehat dan bercahaya, rambut yang indah dan kuat, serta kadar estrogen meningkat sehingga kolagen bertambah dan proses penuaan melambat. Semua itu membuat kita jadi awet muda. Sebuah studi menunjukkan kalau perempuan yang rutin melakukan hubungan intim dan mengalami orgasme akan terlihat 10 tahun lebih muda.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Saat Anda bercinta bersama pasangan dan mencapai orgasme, tubuh akan melepaskan endorfin, hormon yang mampu mengurangi rasa nyeri, mulai dari sakit kepala, nyeri sendi dan otot, hingga kram saat menstruasi. Selain itu, perempuan yang sering mengalami orgasme juga akan memiliki siklus menstruasi yang lebih lancar.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah studi menunjukkan bahwa orgasme secara teratur mampu menjaga fungsi kognitif, termasuk daya ingat dan konsentrasi Anda. Hal ini tentunya dapat memelihara fungsi otak agar tidak lekas menjadi cepat lupa atau pikun ya, Moms.

7. Memperbaiki Mood

Ketika orgasme, tubuh akan menghasilkan hormon dopamin yang menimbulkan perasaan bahagia dan oksitosin yang membantu menghilangkan kecemasan serta pikiran stres. Semuanya bisa berdampak pada perubahan mood menjadi lebih baik. Karena itu, di tengah kesibukan dan urusan yang bisa membuat stres, luangkan waktu untuk bercinta dengan pasangan agar bisa membantu memperbaiki suasana hati Anda, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   orgasme,   seks,   pernikahan,   suami istri