Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Konflik Suami Istri bagi Kebahagiaan Rumah Tangga

7 Manfaat Konflik Suami Istri bagi Kebahagiaan Rumah Tangga

Siapa bilang konflik dengan pasangan menandakan rumah tangga tak bahagia? Faktanya, munculnya sedikit konflik justru dibutuhkan dan memberikan manfaat untuk memperkuat hubungan Anda dan pasangan lho, Moms. Ya, karena konflik adalah hal penting yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rumah tangga sehat. Yuk, ketahui apa saja manfaat konflik dengan pasangan.

1. Meningkatkan Rasa Saling Percaya

Melansir Law Offices of William M. Strachan, konflik membuat Anda dan pasangan menghargai batasan dan membuat pasutri bisa mengekspresikan diri. Argumen yang keluar dari konflik ringan dapat meningkatkan rasa saling percaya lho, Moms. Ketika Anda dan pasangan memiliki konflik, berargumen, dan berhasil melalui semua itu dengan baik, maka Anda dan pasangan akan menganggap konflik sebagai hal yang tidak mengancam rumah tangga.

2. Bye Bye Cemas!

Mengekspresikan emosi memiliki banyak manfaat, Moms, seperti bisa meredakan cemas berlebih, ketegangan, dan ketakutan. Ini tak hanya membuat Anda merasa lebih baik dan lebih lega, mengekspresikan emosi juga membuat fisik Anda lebih sehat.

3. Makin ‘Lengket’ Kaya Prangko

Saat pasangan Anda memahami pikiran, perasaan, opini, batasan, dan apa yang membuat Anda sedih, maka akan tercipta keintiman dan rasa menghargai yang lebih dalam. Dengan kata lain, saat konflik mengajarkan pasangan untuk lebih memahami karakter Anda, maka romantisme pun bisa semakin terukir. Anda dan pasangan pun bisa semakin ‘lengket’ alias mesra.

4. Mendorong Perubahan Positif

Pernah menyesal setelah bertengkar dengan pasangan? Ada sisi positifnya, lho! Penyesalan tersebut bisa menjadi ‘cambuk’ yang mendorong perubahan positif bagi Anda dan pasangan. Pasti timbul rasa ingin mencegah pertengkaran terjadi kembali, sehingga Anda dan pasangan saling introspeksi diri agar konflik tak berulang.

5. Memperbaiki Karakter

Pasangan yang menggunakan konflik sebagai ‘alat’ untuk tumbuh bersama, maka hubungan mereka pun bisa semakin berkualitas. Konflik bisa mengajarkan pasangan untuk meningkatkan kesabaran, kasih sayang, dan membantu Anda fokus pada hal penting.

Dan yang terpenting, konflik mengajarkan Anda bahwa kebahagiaan dan kesehatan rumah tangga Anda adalah hal yang penting. Itulah ‘bahan bakar’ yang terus menghangatkan hubungan Anda dan pasangan.

6. Kehidupan Lebih Menarik

Banyak yang bilang, konflik adalah ‘bumbu’ yang membuat rumah tangga lebih semarak. Sepertinya ini banyak benarnya ya, Moms. Konflik memang membuat kehidupan rumah tangga lebih menarik karena ritme hubungan Anda dan suami menjadi lebih dinamis dan tidak membosankan.

7. Makin Kompak

Bisa dibilang, konflik adalah ujian untuk naik kelas. Semakin sering Anda mengerjakan soal, maka semakin lancar Anda mengetahui jawabannya. Begitulah peran konflik dalam membangun rumah tangga yang sehat. Semakin Anda mengenali hal-hal yang bisa memicu konflik, semakin baik Anda mencegahnya, maka semakin kompak pula hubungan rumah tangga Anda. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: konflik,   pernikahan,   rumah tangga,   suami istri