Mother&Baby Indonesia
Yoga Bisa Mengatasi Masalah Kesuburan Anda, Ini Caranya

Yoga Bisa Mengatasi Masalah Kesuburan Anda, Ini Caranya

Menjadi orang tua adalah mimpi setiap pasangan yang telah menikah. Tak heran bila sepasang suami istri melakukan segala hal untuk bisa mendapatkan momongan. Namun tak dipungkiri bahwa ada saatnya keinginan sepasang suami istri untuk memiliki anak terhalang karena kondisi kesehatannya sehingga menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan.

Infertilitas sendiri merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi dan bisa disebabkan oleh wanita dan pria, serta faktor lainnya. Melansir laman RS EMC, persentase pengaruh terhadap kondisi infertilitas berbeda-beda.

Faktor perempuan dan laki-laki masing-masing menyumbang infertilitas sebanyak 40%. Sedangkan untuk faktor infertilitas akibat kombinasi keduanya adalah sebanyak 10%. Sisanya, yaitu sebanyak 10% adalah untuk infertilitas yang tidak diketahui penyebabnya.



Saat sepasang suami istri mengalami masalah infertilitas, hal ini bisa dianggap menjadi mimpi buruk dan cenderung membuat mereka merasa sedih, bahkan hilang harapan untuk memiliki anak. Namun bila Anda dan pasangan mengalami masalah ini, Anda seharusnya tidak boleh menyerah. Tentu ada banyak cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk mengatasi masalah ketidaksuburan ini, salah satunya adalah yoga.

Peran Yoga dalam Memengaruhi Kesuburan

Melansir laman Times of India, Dr. Aswati Nair, seorang konsultan fertilitas di Nova IVF Fertility India, mengatakan bahwa perawatan infertilitas bisa menjadi prosedur yang membuat stres bagi pasangan. Jika stres ini tidak diawasi untuk waktu yang lama, ini bisa mempengaruhi kesuburan dan perawatan infertilitas itu sendiri. Maka menurutnya, dengan melakukan yoga secara teratur, seseorang dapat menjaga tingkat kecemasannya secara alami.

Berlatih yoga diketahui dapat melepaskan neurokimia tertentu yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di bagian dalam tubuh, termasuk sistem reproduksi. Selain itu, berlatih yoga juga dapat mendorong pelonggaran otot di punggung bawah dan pinggul, yang dapat mengarah pada peningkatan kesehatan reproduksi dan kemampuan seseorang untuk hamil.



Berbagai penelitian juga menunjukkan bila seseorang berfokus pada pengurangan stres dalam hidupnya, ini bisa berdampak positif pada kesuburan. Tak salah bila yoga bisa membantu meningkatkan kesuburan karena yoga memungkinkan seseorang untuk rileks saat melakukan gerakannya dan mengurangi pikiran negatif karena tidak bisa hamil pada seseorang yang sedang berusaha hamil.

Cara Kerja Yoga untuk Meningkatkan Kesuburan

Fisik. Yoga dapat membantu meningkatkan kemungkinan seseorang untuk hamil dengan melakukan pranayama (latihan pernapasan) dan postur tertentu. Dari banyaknya postur yoga yang dapat memberikan berbagai manfaat fisik, yoga fisik bisa membantu memecah jaringan parut. Anda mungkin harus mencoba pose berdiri dan membuka pinggul.

Fisiologis. Yoga tidak hanya membantu meningkatkan kesuburan, tetapi juga membantu untuk mengatasi stres dan mendorong Anda untuk menikmati kehidupan. Beberapa pose yoga fisiologis efektif untuk sistem saraf dan endokrin Anda. Anda bisa mencoba pose chest openers and twists, sarvangasana, dan restorative.

Emosional. Pose-pose yoga seperti yoga nidra dan napas bhramari dapat membantu menghilangkan rasa takut yang bisa dihadapi seseorang pada saat hamil. Pose ini bisa membantu mengurangi stres dan membuat Anda tenang dalam situasi yang berbeda. (Vonda Nabillas/SW/Dok. Freepik)



Tags: yoga,   kesuburan,   kehamilan