Mother&Baby Indonesia
Ini Tanda-tanda Anak Anda Memiliki Alergi Gluten

Ini Tanda-tanda Anak Anda Memiliki Alergi Gluten

Wafer, sereal, dan roti adalah makanan yang umumnya disukai Si Kecil. Jenis makanan ini diketahui mengandung gluten, yaitu protein alami yang tidak larut yang biasa ditemui di dalam gandum atau barley. Pada sebagian orang, mungkin gluten bisa memunculkan reaksi alergi, tak terkecuali pada Si Kecil.

Bila Si Kecil mengalami ruam atau gatal pada kulitnya setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, ini bisa menjadi tanda umum bahwa ia memiliki alergi pada gluten. Namun tidak hanya itu, ada tanda-tanda lainnya yang perlu Moms ketahui saat Si Kecil memiliki alergi gluten, seperti:

1. Nafsu Makan Berkurang

Alergi gluten biasanya membuat seseorang mengalami penurunan nafsu makan, hal ini terutama dialami oleh anak-anak.



2. Kembung

Kembung bisa menjadi pertanda Si Kecil mengalami alergi gluten. Saat mengalami kembung, perut Si Kecil terasa dipenuhi oleh gas dan membuat perutnya jadi tidak nyaman.

3. Konstipasi

Selain perut terasa kembung, masalah pencernaan lainnya yang mungkin dialami Si Kecil akibat alergi gluten adalah konstipasi atau sembelit. Konstipasi diketahui menjadi tanda umum apabila Si Kecil memiliki alergi terhadap gluten.

4. Feses Sangat Bau

Feses bisa menunjukkan pertanda bahwa anak mengalami alergi tertentu. Bila feses Si Kecil sangat bau dan berminyak, ini bisa menjadi pertanda bahwa ia mengalami alergi gluten. Feses Si Kecil yang berbau dan berminyak ini juga bisa terjadi karena tubuhnya tidak menyerap nutrisi dengan baik.

5. Sulit Konsentrasi

Alergi gluten bisa memicu terjadinya brain fog atau kabut otak sehingga bisa membuatnya merasa kelelahan dan sulit untuk konsentrasi.



6. Sakit Kepala

Bila Si Kecil mengeluhkan sakit kepala, Moms perlu waspada. Ini bisa menjadi pertanda ia mengalami alergi gluten. Tanda satu ini memang jarang disadari sebagai reaksi alergi yang disebabkan karena mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

7. Nyeri Sendi

Nyeri sendi biasanya dikeluhkan oleh orang dewasa. Apabila Si Kecil mengeluhkan hal ini, Moms juga perlu waspada, ini bisa menjadi pertanda Si Kecil mengalami alergi gluten.

8. Masalah Kulit

Saat anak alergi gluten, ia mungkin akan mengalami masalah kulit berupa ruam dan gatal pada bagian siku, lutut, atau wajahnya.

9. Perubahan Suasana Hati

Bila suasana hati Si Kecil berubah setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, ini bisa menjadi pertanda ia memiliki alergi gluten. Bila perubahan suasana hati ini tidak segera diatasi, semakin lama ini bisa menyebabkan anak mengalami stres atau depresi.

10. Berat Badan Turun

Semakin umurnya bertambah, anak seharusnya bertumbuh dan mengalami kenaikan berat badan. Namun bila hal sebaliknya terjadi atau Si Kecil kehilangan berat badan secara tiba-tiba, kondisinya ini bisa menunjukkan reaksi alergi terhadap gluten. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: alergi,   gluten,   alergi gluten,   anak,   balita