Mother&Baby Indonesia
Ini 5 Alasan Anak Susah Mandi dan Trik Mengatasinya

Ini 5 Alasan Anak Susah Mandi dan Trik Mengatasinya

Sebenarnya, mandi bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan buat anak-anak. Kebanyakan dari mereka pun senang bila disuruh bermain air. Namun kenyataannya, tidak sedikit juga anak yang menolak dan malas jika diajak mandi. Mereka malah kabur saat mendengar kata “mandi”. Moms mungkin pernah mengalami hal tersebut.

Ya, meskipun terkesan sepele, menangani anak yang susah mandi memang menjadi tantangan tersendiri buat orang tua. Jika balita Anda susah diajak mandi, mandi pagi ataupun mandi sore, Moms pasti butuh perjuangan dan seribu satu cara guna membuatnya mau mandi.

Sebenarnya, di balik keengganan Si Kecil untuk mandi, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, Moms. Yuk, ketahui penyebab anak susah mandi dan trik untuk mengatasi masalah tersebut.



1. Sedang melakukan sesuatu yang lain

Umumnya, anak akan enggan disuruh mandi jika ia sedang sibuk dan fokus dengan kegiatannya saat itu, misalnya saat asyik bermain sendiri maupun bersama temannya. Bukan hanya mandi, Si Kecil bisa jadi juga akan susah disuruh makan jika ia sedang asyik melakukan aktivitasnya karena semua konsentrasinya tercurah pada aktivitas tersebut.

Sebaiknya, Moms hindari menyuruh anak langsung mandi jika ia terlihat sedang sibuk mengerjakan sesuatu. Tanyakan terlebih dulu, padanya mau mandi jam berapa, dan izinkan ia memilih jam mandi yang diinginkannya. Punya rutinitas mandi yang teratur memang perlu, tapi jika anak juga hanya akan di rumah saja dan tidak kemana-mana, biarkan ia sesekali mandi lebih siang atau lebih sore daripada biasanya.

2. Air yang terlalu dingin

Guyuran air ke sekujur badan memang bisa menimbulkan reaksi yang berbeda-beda pada balita. Ada yang senang, tapi ada juga yang merasa kaget, apalagi jika ia baru bangun tidur dan airnya terlalu dingin untuknya. Alhasil, Si Kecil pun jadi malas mandi.

Jika alasan anak susah mandi karena hal tersebut, Moms bisa menyiapkan air hangat untuk mandi balita Anda. Akan tetapi, pastikan juga air yang digunakan tidak terlalu panas ya Moms, air terlalu panas juga bisa bikin anak ogah mandi.



3. Takut mata perih terkena sabun

Ini juga jadi ketakutan balita saat mandi, matanya jadi perih karena terkena sabun atau sampo. Jika Si Kecil takut matanya terkena busa sabun, Moms bisa berikan ia kacamata renang saat mandi untuk melindungi matanya dari percikan busa sabun. Hindari memakai sabun dan sampo orang dewasa saat memandikan balita ya, Moms. Kini sudah banyak tersedia kok, sabun dan sampo anak yang tidak akan menyebabkan matanya perih.

4. Takut dengan kondisi kamar mandi

Buat anak, kamar mandi memang bukan tempat yang bikin nyaman, kecuali ia harus BAK atau BAB. Ada banyak yang bisa menyebabkan Si Kecil enggan ke sana. Di kamar mandi, misalnya, bisa saja tiba-tiba muncul hewan yang tidak ingin dijumpainya. Atau lantai kamar mandi yang licin pernah menyebabkan anak terpeleset hingga ia trauma. Belum lagi bau kamar mandi yang lembap dan tidak segar, serta kondisinya yang kurang terang bisa membuat anak malas berada di dalamnya.

Karena itu, selalu bersihkan dan rawat kamar mandi secara rutin dan berkala agar balita betah saat harus berada di dalamnya. Berikan juga penerangan yang cukup untuk kenyamanan Si Kecil ketika mandi.

5. Takut lukanya perih karena terkena air

Jika Si Kecil menolak mandi karena ia memiliki luka dan tahu bahwa air bisa membuat perih lukanya tersebut, Moms bisa berikan pengertian padanya bahwa bagian luka tersebut tidak akan terkena siraman air, atau luka tersebut bisa ditutup plester yang rekat sehingga tidak akan terkena percikan air. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak susah mandi