Mother&Baby Indonesia
Batuk Melengking pada Anak, Ini Penyebabnya, Moms

Batuk Melengking pada Anak, Ini Penyebabnya, Moms

Batuk merupakan penyakit yang kerap dialami anak-anak. Jika Moms perhatikan, batuk pada anak bisa memiliki ciri yang berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya.

Salah satu jenis batuk yang biasa terjadi pada anak adalah batuk kering dan terdengar melengking. Disebut melengking karena suara batuk terdengar bernada tinggi dan seringkali disertai suara seperti siulan ketika Si Kecil bernapas. Batuk kering dan melengking pada anak, bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Penyakit Bronkritis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus. Bronkus berfungsi sebagai saluran yang membawa udara dari dan menuju paru-paru. Pada sebagian besar kasus, bronkitis disebabkan oleh respiratory syncytial virus (RSV). Biasanya, bronkitis dialami balita berusia di bawah 2 tahun. Bayi yang terlahir prematur, bayi laki-laki berusia 2 hingga 6 bulan, anak yang memiliki masalah paru-paru dan jantung, dan mereka yang tidak mendapatkan ASI, juga merupakan golongan yang memiliki risiko besar terkena penyakit bronkitis. Jika tidak segera ditangani, bronkitis bisa membahayakan nyawa Si Kecil.



2. Asma

Batuk melengking bisa juga disebabkan oleh asma, jenis penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas sehingga menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Asma bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari alergi debu hingga kelelahan akibat tingginya aktivitas.

Menurut situs Parents, asma jarang terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun. Namun menurut para ahli, asma biasanya diturunkan dari orang tua atau faktor genetik. Anak yang mengidap asma kemungkinan besar juga akan mengalami eczema atau alergi pada makanan. Saat serangan asma datang, jalan udara akan terhadang sehingga memicu batuk yang terdengar seperti lengkingan.

3. Penyebab Lain

Faktor lain yang mungkin menyebabkan anak batuk melengking antara lain:

• Saluran napas tertutup oleh benda atau mainan kecil yang tidak sengaja masuk ke hidung.

• Asam lambung meningkat sehingga memengaruhi kerja paru-paru.

• Hidung mampat akibat udara dingin atau alergi.



Saatnya ke Rumah Sakit

Biasanya, anak yang mengalami batuk melengking hanya memerlukan perawatan di rumah. Akan tetapi, Moms perlu waspada jika Si Kecil mengalami batuk melengking. Anda sangat disarankan untuk segera membawanya ke rumah sakit apabila batuk disertai dengan gejala berikut ini:

• Kesulitan bernapas

• Napas pendek

• Kulit terlihat pucat

• Adanya gerakan signifikan pada perut, seperti tertarik ke dalam

• Menolak minum atau menunjukkan tanda-tanda dehidrasi

• Suhu badan meningkat dengan cepat. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   batuk pada anak,   batuk melengking,   bronkitis,   asma,   saluran pernapasan