Mother&Baby Indonesia
Tips Jadikan Momen Menyikat Gigi Menyenangkan untuk Balita

Tips Jadikan Momen Menyikat Gigi Menyenangkan untuk Balita

Sakit gigi itu rasanya sungguh menyiksa ya, Moms! Orang dewasa saja tidak tahan dengan nyeri yang ditimbulkan, apalagi jika Si Kecil yang mengalami sakit gigi, ia pasti bisa sangat rewel sepanjang hari.

Akan tetapi, membuat Si Kecil mau sikat gigi itu susah banget ya, kan? Padahal menyikat gigi itu sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan giginya.

Banyak Moms yang mengalami kesulitan tersebut, mengajak Si Kecil agar mau sikat gigi. Mom Disti (31), termasuk salah satu ibu yang seringkali merasakan bagaimana susahnya mengajak sang anak, Ciara (3), untuk sikat gigi.



Bila waktu sikat gigi tiba dan ia mengatakan, “Ciara, yuk sikat gigi,” Si Kecil pasti akan langsung berteriak “Enggak mau!” dan segera menutupi mulutnya rapat-rapat sebagai tanda penolakan atas ajakan tersebut.

Segala macam bujuk rayu pun diberikan agar Ciara bersedia menyikat giginya, mulai dari ia yang menyikat gigi Si Kecil, menyikat gigi sambil menyanyikan lagu, maupun menjanjikan memasak makanan kegemaran Si Kecil esok hari.

“Pokoknya kalau udah waktunya ngajak Ciara sikat gigi, itu capek banget dan aku mesti berpikir seribu cara buat ngebujuknya supaya mau sikat gigi,” keluh Mom Disti. “Padahal kalau lagi sakit gigi, Ciara itu rewel banget, sedikit-sedikit nangis, jadi bikin aku jengkel akhirnya.”

Lain lagi dengan cerita Mom Citra (33). Biyan (4), putranya, sebenarnya bukan tergolong anak yang susah diajak sikat gigi. “Tapi pernah kejadian waktu dia lagi sikat gigi, eh, pasta giginya enggak sengaja tertelan. Karena rasanya pahit, Biyan pun teriak. Sejak itu dia jadi ogah-ogahan kalau diminta sikat gigi. Kalaupun mau, dia sikat gigi seperlunya aja, jadi kadang masih kurang bersih.” cerita Mom Citra.

Cara Ampuh Buat Anak Senang Sikat Gigi

Cerita Mom Disti dan Mom Citra tersebut mungkin mewakili banyak ibu yang punya pengalaman susahnya mengajak balita sikat gigi. Padahal, Moms mungkin sudah melakukan berbagai cara agar saat menyikat gigi menjadi momen yang menyenangkan buat Si Kecil.

Salah satu cara ampuh untuk membuat anak senang menyikat gigi adalah dengan pemilihan pasta gigi yang baik digunakan dan disukai anak.

Namun jangan asal memilih pasta gigi buat buah hati Anda ya, Moms. Pilih pasta gigi yang tidak mengandung detergen. Pasalnya, detergen yang terkandung dalam pasta gigi jika tertelan bisa mengakibatkan iritasi pada mulut Si Kecil dan mengurangi sensitivitas rasanya.



Nah, solusinya, Anda bisa memilih PUREKIDS Toothpaste untuk buah hati Anda, seperti yang dilakukan oleh Mom Disti dan Mom Citra.

“Waktu ke Apotek Century bareng Ciara, Aku lihat ada PUREKIDS Toothpaste. Karena Ciara suka banget sama strawberry, Aku tanya ke dia, ‘Kalau sikat giginya pakai pasta gigi rasa strawberry, kamu mau, enggak?’ dia mengangguk, dan aku beli aja untuk dicoba di rumah. Eh, ternyata Ciara suka banget sama rasa strawberry yang ada di PUREKIDS Toothpaste, beda sama rasa strawberry yang lainnya. Kata Ciara, Rasa Strawberry PUREKIDS Toothpaste enggak terlalu manis dan enggak ada rasa pahitnya,” cerita Mom Disti.

Sedangkan buat Mom Citra, memilih PUREKIDS Toothpaste karena pasta ini punya formula food grade sehingga aman jika tertelan Si Kecil dan rasanya manis karena ada kandungan xylitol-nya. “Sejak pakai PUREKIDS Toothpaste, Biyan jadi lebih ‘serius’ sikat giginya sekarang, enggak seperlunya lagi, hahaha…” ujarnya.

Tidak hanya itu, PUREKIDS Toothpaste juga punya sejumlah keunggulan lainnya lho, Moms. Selain tanpa detergen dan memiliki formula food grade, pasta gigi ini mengandung Carragenan yang berasal dari rumput laut sebagai pembentuk body gel pada pasta gigi.

PUREKIDS Toothpaste juga tanpa pemanis buatan. Sebaliknya, pasta gigi ini mengandung xylitol alami yang berasal dari Beech Trees di Finlandia. Xylitol merupakan pemanis ramah gigi yang dapat menggantikan gula sehingga cocok untuk anak-anak. Secara khusus, manfaat terbesar xylitol dapat dinikmati oleh orang yang rentan karies gigi. Ada baiknya Moms, Kita selalu lihat label, dan yang membuat Aku tertarik pada PUREKIDS Toothpaste karena Aku membaca bagian Peringatan & Perhatian.


Ada dua varian PUREKIDS Toothpaste, Strawberry dan Banana. Dua-duanya pasti disukai Si Kecil. Yuk, jadikan saat menyikat gigi sebagai momen menyenangkan buat Si Kecil dan bersihkan dan rawat gigi anak agar selalu sehat dan tidak berlubang dengan PUREKIDS Toothpaste, Moms!

PUREKIDS Toothpaste bikin sikat gigi jadi happy! (M&B/SW/Dok. Freepik, Pure Kids Tooth Paste)



Tags: anak,   balita,   sikat gigi,   pasta gigi,   purekids toothpaste