Mother&Baby Indonesia
Penting! Ini Cara Tepat Menggunakan Bantal Menyusui

Penting! Ini Cara Tepat Menggunakan Bantal Menyusui

Setelah melahirkan, Moms akan memasuki fase mengASIhi yang juga sebagai asupan pertama Si Kecil. Selama menyusui ini, Anda mungkin saja mengalami hambatan, seperti tangan yang terasa pegal akibat terlalu lama menggendong bayi atau proses pelekatan yang sulit dilakukan.

Hal-hal tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan bantal khusus untuk ibu menyusui. Jika cara menggunakannya sudah tepat, maka bisa membuat Moms dan juga Si Kecil nyaman selama prosesnya. Karena itu, simak dan pahami penjelasan berikut ini, yuk!

Cara Menggunakan Bantal Menyusui

Sebelum pemakaian, Moms perlu mengenal bentuk dari nursing pillow, yang memang berbeda dengan yang biasa dipakai untuk tidur. Umumnya bantal menyusui berbentuk seperti huruf C, dengan ujung yang memiliki tinggi sama rata atau lebih tebal di satu sisi saja.



Masing-masing tujuannya tetap sama, yaitu untuk mengurangi tekanan pada tangan ibu dan membantu menopang tubuh bayi selama menyusui. Dalam menggunakannya, Moms juga tak perlu repot karena cukup mudah, seperti dijelaskan dalam Hello Sehat sebagai berikut:

• Carilah tempat yang paling nyaman untuk menyusui, terutama yang minim suara bising dan bisa mengalihkan perhatian bayi.

• Siapkan bantal dan posisikan melingkari tubuh Anda dengan bagian yang paling lebar berada di depan.

• Sesuaikan tinggi bantal dengan tubuh Anda hingga Anda merasa nyaman sebelum membaringkan bayi.

• Jika bantal disertai tali pengikat, maka ikatkan dahulu tali tersebut agar bantal tak mudah lepas saat menyusui.



• Setelah semua dirasa sudah pas, baringkan bayi di atas bantal. Hal ini akan membantunya lebih dekat dengan puting sehingga memudahkannya untuk mendapatkan ASI.


Yang Perlu Diingat

Selain untuk menopang bayi saat menyusui, nursing pillow juga dapat mengurangi rasa sakit jika ada bekas operasi caesar. Bagi Moms yang mengalami masalah pada bagian tangan, bantal menyusui pun bisa membantu meringankan rasa tidak nyaman tersebut.

Namun, tak sedikit juga dari para ibu yang merasa pemakaian bantal menyusui malah menyusahkan proses mengASIhi. Jadi, jika Moms merasa tidak membutuhkannya, maka tidak apa jika tidak memakainya sama sekali. Selain itu, bantal ini juga tidak dianjurkan untuk dipakai tidur bayi.

Posisi kepala yang dapat menekan dada jika bayi tertidur di atasnya akan meningkatkan risiko kematian dalam waktu sekejap. Jadi, pastikan bahwa setelah Si Kecil sudah selesai menyusu, maka lepas nursing pillow dan tepuk punggung bayi hingga sendawa. Baru setelah itu, tidurkan ia di tempat tidur yang semestinya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu menyusui,   bantal menyusui,   asi