Mother&Baby Indonesia
Perlu Tahu, Begini Perawatan Ibu Selama Masa Nifas

Perlu Tahu, Begini Perawatan Ibu Selama Masa Nifas

Setelah 9 bulan mengandung dan melahirkan, tibalah masa nifas. Menurut terjemahan KBBI, nifas memiliki 2 makna, yakni darah yang keluar dari rahim wanita sesudah melahirkan dan masa sejak melahirkan sampai dengan pulihnya organ produksi dan anggota badan (selama 40-60 hari).

Apa pun metode persalinan Anda, dalam kurun waktu 6 minggu setelah melahirkan, tubuh Anda akan mengalami perdarahan yang disebut sebagai lokia. Hal ini adalah normal dan merupakan salah satu cara tubuh untuk memulihkan diri pasca melahirkan. Nah, maka dari itu Moms perlu merawat diri agar proses pemulihan tubuh menjadi optimal. Berikut ini perawatan yang sebaiknya Anda lakukan selama masa nifas, Moms.

1. Perbanyak Waktu Istirahat

Kehamilan dan persalinan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Maka, pasca persalinan Anda perlu banyak istirahat agar kondisi tubuh cepat pulih. Seluruh organ tubuh Anda membutuhkan waktu beristirahat yang cukup agar dapat pulih dengan maksimal. Jangan segan minta tolong pasangan atau anggota keluarga lainnya untuk membantu Anda maupun merawat Si Kecil saat Anda beristirahat.



2. Jaga Pola Makan Sehat

Tetap jaga pola makan sehat seimbang ya, Moms. Asupan serat yang padat sangat diperlukan untuk mencegah sembelit atau wasir pasca melahirkan. Konsumsi juga protein dalam jumlah yang banyak untuk mendukung produksi dan metabolisme sel-sel tubuh. Selain itu, gizi seimbang mampu mendukung kekuatan tubuh secara keseluruhan dan mendorong produksi ASI optimal.

3. Aktif Bergerak

Selama masa nifas, Moms juga diharapkan dapat bergerak maupun beraktivitas normal lagi secara bertahap. Mulai dari hal kecil seperti berjalan-jalan pagi hingga berjemur bisa mulai dilakukan secara bertahap. Karena aktif bergerak dapat membantu tubuh dan mental tetap bugar dan sehat. Moms juga bisa lakukan senam nifas untuk membantu peluruhan jaringan-jaringan yang tersisa di dalam rahim. Tapi jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya, Moms.

4. Cukupkan Asupan Air

Jangan lupa untuk meminum banyak air, Moms. Pasalnya, tubuh Anda membutuhkan banyak cairan untuk proses memulihkan diri serta produksi ASI bagi Si Kecil. Idealnya, seorang manusia dewasa mengonsumsi setidaknya 8 gelas atau 2 liter air sehari.



5.Menjaga Kebersihan Vagina

Menjaga kebersihan vagina pada masa nifas adalah wajib hukumnya, terlebih lagi bila Anda melahirkan normal per vaginam. Pada persalinan normal, biasanya dilakukan episiotomi yakni sayatan untuk memperlebar jalan lahir yang kemudian dijahit kembali. Oleh karena itu, menjaga kebersihan vagina sangatlah penting untuk menghindari infeksi pada jahitan maupun luka dan mempercepat proses penyembuhan.

Melansir What To Expect, setelah melahirkan seorang ibu direkomendasikan untuk membasuh area vagina dengan air hangat setiap sebelum dan sesudah buang air. Basuh dari arah depan ke belakang, sehingga mengurangi risiko penyebaran kuman dari anus ke vagina. Ganti pembalut setidaknya setiap 3 jam sekali.

6. Mawas Diri

Tetaplah kontrol kondisi tubuh dengan dokter secara berkala, Moms. Selain itu, tetap siaga dengan kondisi perdarahan yang Moms alami selama masa nifas. Perdarahan pada masa nifas tergolong normal bila volume perdarahan berkurang dan warna darah semakin memudar.

Setelah 10 hari, biasanya volume darah akan berkurang, dan darah akan mulai berubah warna, dari merah terang atau pekat menjadi merah muda, kemudian kecokelatan hingga bening. Bila dalam beberapa minggu perdarahan tak kunjung reda, bahkan disertai pingsan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: nifas,   ibu melahirkan,   masa nifas