Mother&Baby Indonesia
Moms, Hindari Melakukan Ini Usai Operasi Caesar!

Moms, Hindari Melakukan Ini Usai Operasi Caesar!

Usai melewati persalinan dengan operasi caesar, Moms perlu melalui masa pemulihan sebelum kembali sibuk dengan aktivitas Anda. Dan untuk mempercepat masa pemulihan ini, setidaknya ada 8 hal yang perlu Anda hindari agar kondisi Anda pasca persalinan caesar cepat membaik. Apa saja itu?  

1. Mengonsumsi Makanan Mengandung Gas

Beberapa bahan makanan memang tidak boleh dikonsumsi oleh Moms, baik dalam porsi sedikit apalagi banyak, misalnya brokoli, kubis, asparagus, kacang-kacangan, makanan berminyak, hingga minuman bersoda. Sebab, semua makanan tersebut mengandung gas yang cukup tinggi. Hindari juga makan pisang yang belum matang sempurna serta kurang konsumsi serat atau kekurangan cairan,  karena bisa mengakibatkan sembelit dan ini akan membuat perut Anda jadi tidak nyaman.

2. Mengalami Sakit Ringan

Meski baru keluar dari rumah sakit, usahakan agar Moms tetap sehat, ya. Konsumsi buah dan sayur serta melakukan berbagai gerakan ringan untuk menghindari sakit ringan seperti flu dan batuk. Jika perlu, segera konsultasikan kondisi Anda agar tak menambah rasa sakit selain dari bekas luka akibat operasi caesar.



3. Tertawa Berlebihan

Menonton hiburan tentu akan membuat mood Anda jadi sangat baik yang pada akhirnya akan mendukung proses produksi ASI yang lancar. Namun, saat menonton hiburan, jangan sampai Moms tertawa secara berlebihan, karena bisa menimbulkan nyeri di bagian perut. Tertawa seperlunya dulu untuk sementara waktu ya, Moms.

4. Melakukan Aktivitas Berat

Tak hanya persalinan caesar, bahkan dengan metode normal pun Moms belum dibolehkan untuk melakukan kegiatan yang berat selama masa pemulihan. Jadi, untuk sementara jangan terlalu sering naik-turun tangga atau mengangkat beban yang berat, bahkan Anda akan diminta mengurangi kebiasaan menggendong Si Kecil jika perlu. Aktivitas olahraga seperti senam atau jalan cepat/lari pun sangat dilarang sebelum luka sembuh total.




5. Melakukan Pekerjaan Rumah

Beberapa pekerjaan rumah seperti mengepel rumah atau mencuci pakaian secara manual sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan pasca operasi caesar. Mintalah bantuan dari pasangan atau gunakan jasa asisten rumah tangga untuk bersih-bersih rumah selama Anda berfokus pada pemulihan dan mengurus Si Kecil yang baru lahir.

6. Berhubungan Seks

Moms mungkin perlu memberi pemahaman pada suami Anda bahwa untuk beberapa waktu tidak boleh melakukan hubungan intim terlebih dahulu. Hal ini juga biasanya akan disarankan dokter jika luka operasi belum kering betul meskipun Anda sudah dinyatakan sembuh.

7. Membasahi Luka Operasi

Karena ini termasuk sebagai luka pasca operasi, maka usahakan agar Anda tidak membiarkannya terkena sesuatu yang basah dahulu. Sebab, hal ini akan membuat kondisi luka bisa menjadi infeksi atau butuh waktu lebih lama lagi untuk benar-benar kering. Guna menyiasati hal ini, pakailah balutan anti air agar luka operasi tetap terjaga.

8. Berkecil Hati

Menjalani operasi caesar saat persalinan bukanlah sesuatu yang buruk, malah mungkin menjadi tindakan yang bisa menyelamatkan Anda serta Si Kecil saat lahir. Maka, jangan dengarkan pendapat orang lain yang bisa membuat Anda berkecil hati. Semua keputusan yang diambil oleh orang tua demi anaknya tidak pernah salah meski jalan yang dilalui berbeda-beda kok, Moms. Semangat, ya! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu melahirkan,   operasi caesar,   persalinan