Mother&Baby Indonesia
Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020 bersama M&B

Rayakan Pekan ASI Sedunia 2020 bersama M&B

Air susu ibu atau ASI sudah diakui sebagai sumber nutrisi terbaik bagi bayi, khususnya bayi berusia 0-6 bulan. Mengingat betapa besar manfaat ASI bagi tumbuh kembang bayi, maka setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW).

Pekan ASI Sedunia ini pertama kali digelar pada 1992 oleh World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) sebagai peringatan Innocenti Declaration yang dibuat oleh dua organisasi PBB, yaitu World Health Organization (WHO) dan United Nations Children’s Fun (UNICEF) pada Agustus 1990.

Deklarasi itu sendiri dibuat untuk melindungi serta mendukung ibu dalam memberikan ASI eksklusif bagi buah hatinya, khususnya selama enam bulan pertama kehidupan bayi, dan dilanjutkan hingga bayi berusia 24 bulan.



Sementara itu, tujuan globalnya adalah untuk mengoptimalkan kesehatan gizi dan kesehatan ibu beserta anak. WHO bersama American Academy of Pediatrics (AAP) menganjurkan pemberian ASI secara eksklusif terhadap bayi tanpa makanan pendamping lain hingga berusia 6 bulan. Setelah itu, bayi tetap disusui sambil menerima makanan yang sesuai dan memadai hingga berusia 2 tahun.

Hingga kini Pekan ASI Sedunia diperingati di lebih dari 120 negara. WABA berharap peringatan ini bisa menciptakan lingkungan, kesadaran, dan dukungan tepat bagi para ibu menyusui di seluruh penjuru dunia.

Setiap tahun WABA menetapkan tema berbeda yang berkaitan dengan sistem kesehatan, wanita, pekerjaan, ekonomi, dan lain sebagainya. Tahun ini tema yang diusung WABA untuk merayakan Pekan ASI Dunia adalah “Support Breastfeeding for Healthier Planet”.

Manfaat ASI

Nah, Moms tentunya sudah tahu nutrisi yang terkandung dalam setetes ASI. Ya, ASI merupakan perpaduan sempurna antara lemak, protein, karbohidrat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Berbeda dengan susu formula, nutrisi ASI lebih mudah dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan bayi sehingga meminimalisasi terjadinya masalah dalam tubuh mungilnya.

Satu hal yang tak kalah penting, ASI juga mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga Si Kecil tidak mudah terserang penyakit. Kandungan ASI juga diketahui efektif dalam mengurangi risiko bayi mati mendadak (SIDS), serta meningkatan kecerdasan anak.

Pekan ASI bersama M&B

Untuk merayakan Pekan ASI Dunia 2020, Mother&Baby akan menggelar rangkaian Instagram Live dengan berbagai tema seputar ASI dan menyusui. Sejumlah pakar, mulai dari dokter hingga psikolog, serta selebritas akan tampil dalam Instagram Live yang ditayangkan melalui akun @motherbabyind.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya, Moms. Yuk, tambah ilmu tentang ASI dan kegiatan menyusui dengan menyaksikan Instagram Live Mother&Baby setiap hari selama penyelenggaraan Pekan ASI Dunia 2020. Cek jadwalnya berikut ini ya. Jangan sampai kelewatan, Moms. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

Sabtu 1 Agustus 2020

Narasumber: Bidan Yesie Aprillia, S.Si.T, M.Kes

Praktisi dan Trainer Hypnobirthing & Gentle Birth, Founder Klinik Bidan Kita

Tema: Hamil Tenang ASI Lancar

Jam: 14:00 WIB

Minggu, 2 Agustus 2020

Narasumber: dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.Og, M.Kes.

Dokter Spesialis Obgyn (RS MRCCC Siloam Hospitals Semanggi) 

Tema: IMD, Langkah Awal Sukses Menyusui

Jam: 14:00 WIB

Senin 3 Agustus 2020

1. Narasumber: dr. I. G. A. N. Partiwi, Sp.A, MARS

Dokter Spesialis Anak

Tema: Sukses Menyusui bagi Moms yang Aktif

Jam: 15:00 WIB

2. Narasumber: dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc.



Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah Bintaro Jaya

Tema: Saat Si Kecil Enggan Menyusu

Jam: 16:00 WIB

Selasa, 4 Agustus 2020

Nara sumber: Sogi Indra Dhuaja (Co-Founder @ID_AyahASI) & Ringgo Agus Rahman (Celebrity Dad)

Tema: Dads Sharing: Support Ayah ASI

Jam: 14:00 WIB

Rabu, 5 Agustus 2020

1. Narasumber: dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Brawijaya Hospital Antasari

Tema: Nutrisi Penting Ibu Menyusui

Jam: 14:00 WIB

2. Narasumber: dr. Darrell Fernando, SpOG

Dokter Spesialis Obgyn

Tema: ASI Booster untuk Sukseskan MengASIhi

Jam: 17:00 WIB

Kamis, 6 Agustus 2020

Narasumber: Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., Psikolog

Dosen Psikologi, Universitas Bina Nusantara & Psikolog di International Wellbeing Center

Tema: Mengatasi Stres saat Menyusui

Jam: 14:00 WIB

Jumat, 7 Agustus 2020

Celebrity Moms 

Tema: Moms Sharing: My Breastfeeding Journey

Jam: 14:00 WIB



Tags: pekan asi sedunia,   asi,   air susu ibu,   manfaat asi,   ibu menyusui










Cover Mei-Juni-Juli 2020