Mother&Baby Indonesia
Tips Sukses Menyusui untuk Ibu Aktif

Tips Sukses Menyusui untuk Ibu Aktif

Bagi para Moms yang aktif dan memiliki banyak kegiatan, menyusui Si Kecil memang semakin menantang, ya. Dibutuhkan strategi yang baik agar Anda tetap sukses menyusui dan menjalankan berbagai aktivitas. Anda juga butuh manajemen yang sempurna untuk mengelola ASI perah.

Dan yang terpenting, Anda butuh perlengkapan menyusui yang nyaman dan praktis, agar menyusui atau memerah ASI tak terganggu oleh aktivitas Anda. Mau tahu lebih banyak tips sukses menyusui untuk ibu yang aktif? Read on, Moms!

1. Pakai Baju Ramah Busui

Agar ibu menyusui bisa memerah ASI kapan saja dan di mana saja, coba kenakan pakaian yang ramah busui. Pakaian dengan kancing depan akan memudahkan Anda untuk memerah ASI ketika beraktivitas di luar rumah.



Sekarang sudah banyak baju menyusui dengan kancing depan atau ‘lubang’ khusus di area payudara yang sangat mempermudah Anda memerah ASI maupun menyusui langsung. Baju seperti ini juga mempermudah Anda saat menyusui Si Kecil secara langsung lho, Moms.

2. Siapkan Perlengkapan


Memulai aktivitas sejak pagi memang kerap membuat Anda kewalahan! Agar ibu menyusui yang aktif bisa memulai hari dengan tenang, maka tidak ada salahnya mempersiapkan perlengkapan untuk mendukung proses pemerahan ASI sejak malam sebelumnya. Beberapa perlengkapan yang perlu Anda bawa saat ke luar rumah adalah breast pump atau pompa ASI portabel yang praktis, wadah penyimpanan ASI perah, apron menyusui, breast pad, ice gel, cooler bag, dan air minum.



Pastikan semuanya sudah bersih, steril, dan siap dibawa bepergian keesokan harinya. Saat tiba waktunya beraktivitas, Moms tidak repot lagi, dan hati pun lebih tenang saat harus meninggalkan Si Kecil.

3. Buat Jadwal Memerah ASI

Sangat penting untuk membuat jadwal memerah ASI dan mematuhinya. Anda tidak perlu menunggu payudara terasa ‘penuh’ dan sakit untuk memerah ASI, karena ini bisa meningkatkan risiko pembengkakan saluran ASI. Cobalah untuk memompa ASI sekitar 3 kali sehari, misalnya di jam 9 pagi, jam 1 siang, dan jam 5 sore. Konsisten memerah ASI di jam tertentu membantu memastikan produksi ASI selalu terjaga.

4. Simpan ASIP dengan Baik

Walau aktivitas Anda padat, bukan berarti ASIP tidak bisa tersimpan dengan baik. Jika Anda sudah kembali bekerja di kantor, Anda tetap bisa memerah ASI di kantor menggunakan breast pump yang praktis, nyaman, dan mudah digunakan.

Setelah memerah ASI, simpan ASI perah di dalam wadah ASI dan masukkan ke kulkas. Ketika tiba waktunya pulang, Moms bisa membawa pulang ASIP menggunakan cooler bag. Selalu semangat mengASIhi ya, Moms. (Tiffany/ND/Dok. Freepik)



Tags: asip,   asi perah,   ibu menyusui,   ibu aktif