Mother&Baby Indonesia
Resep DIY Body Scrub Alami untuk Kulit Indah Anda

Resep DIY Body Scrub Alami untuk Kulit Indah Anda

Ingin kulit Anda terlihat lebih mulus dan bersih? Salah satu caranya adalah dengan rutin menggunakan body scrub. Seperti halnya face scrub, body scrub juga bermanfaat untuk mengelupas atau mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan begitu, sel-sel baru muncul sehingga membuat kulit terlihat lebih bersih, cerah, dan segar.

Saat ini, Anda bisa mendapatkan body scrub dengan harga ekonomis hingga mahal dengan berbagai varian bahan serta fungsinya. Tapi jika menginginkan body scrub dengan bahan yang benar-benar alami, Anda bisa membuatnya sendiri lho. Tengok beberapa resep body scrub alami berikut ini.

1. Lemon Sugar Scrub

Jenis body scrub ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Lemon akan membersihkan kulit, sedangkan minyak zaitun mencegah kulit menjadi kering akibat asam yang terdapat dalam lemon. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih bersih tapi tidak kering.



Bahan yang dibutuhkan:

• ¼ cup gula pasir

• ¼ cup kulit lemon

• Jus dari buah lemon

• 1 cup minyak zaitun

Cara membuat:

Campurkan gula pasir dan minyak zaitun, lalu aduk hingga tercampur merata. Tambahkan jus dan kulit lemon. Diamkan selama 30 menit hingga gula dan kulit lemon mengendap.

Ambil endapan gula dan kulit lemon, lalu simpan dalam toples kedap udara. Untuk menggunakannya, gosokkan scrub secara merata ke kulit tubuhmu dengan gerakan memutar, kemudian bilas hingga bersih.

2. Lavender Body Scrub

Kini giliran body scrub untuk Anda yang memiliki kulit kering. Lavender punya banyak manfaat bagi kulit, antara lain untuk melembapkan dan menenangkan kulit serta mengurangi kerutan.

Bahan yang dibutuhkan:

• 2 sendok makan lavender kering

• 1 cup minyak zaitun

• 2 cup sea salt

• 2 tetes minyak esensial lavender

Cara membuat:

Hancurkan lavender kering, lalu sisihkan. Campurkan minyak zaitun dan sea salt, aduk hingga tercampur merata. Diamkan selama 30 menit hingga garam mengendap. Ambil endapan garam, campurkan lavender kering yang telah dihancurkan dan dua tetes minyak esensial lavender.

Simpan campuran ini dalam toples kedap udara. Untuk menggunakannya, oleskan scrub ini ke kulit Anda yang masih lembap dan gosok dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas hingga bersih.

3. Coffee and Sugar Scrub

Scrub tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan kulit, lho. Scrub yang terbuat dari kopi dan gula juga bisa membantu Anda menghilangkan selulit. Kopi kaya akan antioksidan yang dapat memerangi selulit, sedangkan gula bekerja sebagai eksfoliator yang mengangkat sel kulit mati.

Bahan yang diperlukan:

• ¼ cup bubuk kopi



• ¼ cup gula pasir

• 2 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

Campurkan semua bahan hingga membentuk pasta yang kasar. Simpan campuran ini dalam toples kedap udara. Untuk menggunakannya, usapkan pada tubuhmu dan gosok dengan gerakan memutar, kemudian bilas hingga bersih.

4. Coconut Butter Scrub

Jenis body scrub yang satu ini bisa membantu melembapkan kulit Anda. Gula akan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan mudah menyerap minyak kelapa. Setelah menggunakan body scrub ini, kulit Anda akan terasa sangat lembut.

Bahan yang dibutuhkan:

• ½ cup shea butter atau cocoa butter

• 3 sendok makan minyak zaitun

• 3 sendok makan minyak kelapa

• ½ cup gula palem

Cara membuat:

Cairkan shea butter atau cocoa butter, lalu kocok menggunakan mixer hingga berbuih. Masukkan minyak zaitun dan minyak kelapa, aduk perlahan. Sebagai langkah terakhir, Anda bisa mencampurkan gula palem.

Simpan campuran ini dalam toples kedap udara. Untuk menggunakannya, gosok merata campuran ini pada kulit. Diamkan sebentar agar kulit dapat menyerap kelembapannya. Setelah itu, bilas hingga bersih.

5. Oatmeal dan Madu

Oatmeal tidak hanya memiliki efek menyehatkan ketika dikonsumsi sebagai makanan. Oat juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan dasar body scrub. Oat bisa mengangkat sisa-sisa minyak dari kulit dan menyembuhkan jerawat. Kandungan antioksidan dan antiinflamatorinya bisa melembutkan kulit kering dan menghilangkan sel kulit mati berkat kandungan saponins. Sedangkan madu dan minyak kelapa bisa melembutkan kulit sehingga perpaduannya cocok untuk kulit yang ekstra kering.

Bahan yang diperlukan:

• ¾ cangkir rolled oat (butirannya lebih besar dan lebih utuh)

• 2 sendok makan virgin coconut oil

• 2 sendok makan madu

Cara membuat:

Masukkan oat ke dalam blender atau tumbuk di dalam plastik sampai berubah jadi bubuk yang agak kasar. Campur minyak kelapa dan madu di mangkuk. Masukkan oat ke dalam campuran minyak ini dan diamkan beberapa saat sampai oat menyerap minyak dan madu. Cek konsistensinya karena harus kental, tapi tetap bisa dioleskan ke tubuh dengan mudah. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: body scrub,   kulit indah,   do it yourself