Mother&Baby Indonesia
Ayo Makan Ikan! Ini Tips Membersihkan Ikan agar Tak Bau Amis

Ayo Makan Ikan! Ini Tips Membersihkan Ikan agar Tak Bau Amis

Moms, Anda pasti sudah tahu dong, manfaat mengonsumsi ikan? Ya, ikan memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, dan kaya akan berbagai nutrisi penting untuk kesehatan tubuh kita. Namun, tak jarang nih, kita maupun Si Kecil malas makan ikan. Alasannya, apalagi kalau bukan aromanya yang kadang terasa amis.

Padahal, aroma amis dan tak sedap itu umumnya dikarenakan cara membersihkan dan mengolahnya yang tidak tepat. Tapi tenang Moms, M&B punya tips membersihkan ikan agar tak bau amis yang mudah dan ampuh. Penasaran? Keep on reading, Moms!

1. Siapkan 3 Wadah Berbeda

Sebelum mulai membersihkan ikan, siapkan terlebih dahulu 3 wadah berbeda: untuk meletakkan ikan utuh, wadah kotoran ikan, wadah ikan yang sudah dibersihkan. Dengan begitu, kotoran ikan yang Moms bersihkan tidak akan tercecer dan malah menambah aroma tak sedap pada ikan maupun dapur.



2. Membersihkan Sisik

Setelah ikan dicuci bersih, saatnya menyiangi sisiknya. Gunakan pisau berukuran sedang, lalu letakkan mata pisau tepat di atas ekor ikan, dan lakukan gerakan searah menuju kepala ikan hingga sisik lepas dari tubuh ikan.

Jika sisik ikan terasa keras, Moms bisa merendamnya terlebih dahulu dalam air panas yang dibubuhi 2 sendok makan air jeruk lemon atau jeruk nipis untuk melunakkannya. Kikis sisik ikan tiga sampai empat kali hingga bersih. Takut tak sengaja terkena pisau saat membersihkan sisik ikan? Moms bisa menggunakan sendok, kok.

3. Keluarkan Isi Perut dan Kepala

Setelah sisik ikan sudah terangkat semua, bersihkan bagian dalam ikan. Belah bagian perut, lalu keluarkan semua isi perut ikan. Pastikan untuk berhati-hati ya Moms, agar empedu ikan tak pecah. Jika hal ini terjadi, cairannya akan menyebar dan menyebabkan daging ikan menjadi pahit. Untuk membuang insangnya, buka sedikit bagian kepala, lalu tarik insang keluar. Lakukan langkah membersihkan ini di bawah air mengalir ya, Moms.

4. Buat Sayatan pada Ikan

Agar bumbu lebih meresap pada daging ikan, beri sayatan pada bagian sisi-sisi ikan. Gunakan pisau yang tajam dan jangan menyayat terlalu dalam.

Bebas Bau Amis dengan Bahan Alami

Setelah ikan selesai dibersihkan, saatnya membubuhi ikan dengan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau amisnya secara maksimal. Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, cara paling umum yang bisa Moms lakukan adalah dengan membalurkan air perasan lemon atau jeruk nipis. Tapi, ada cara lain yang juga bisa Moms lakukan untuk menghilangkan bau amis pada ikan:

1. Garam

Setelah ikan dibersihkan dan dicuci bersih, baluri dengan garam. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu cuci di bawah air mengalir. Jika Moms sudah melakukan cara ini, sebaiknya saat membumbui ikan setelahnya, jangan lagi menggunakan garam terlalu banyak.

2. Gula Pasir

Moms, rasa manis dari gula ternyata bisa lho, menghilangkan bau amis pada ikan. Sama seperti cara menghilangkan bau amis dengan garam, Moms cukup membalurkan gula pada ikan, mendiamkannya beberapa menit, lalu mencucinya hingga bersih.



3. Jahe

Jahe sudah terbukti bisa menghilangkan bau yang tak enak, termasuk bau amis pada ikan. Caranya, haluskan atau parut jahe, balurkan ke ikan, diamkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih ikan.

4. Cuka

Larutkan cuka dengan air, lalu rendam ikan dalam larutan cuka tersebut sekitar 5 menit. Kemudian, cuci bersih dengan air mengalir.

5. Asam Jawa

Remas-remas asam jawa kemudian balurkan merata pada ikan. Diamkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

6. Tepung

Pasti banyak Moms yang belum tahu jika tepung juga juga bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada ikan, kan? Balurkan tepung pada ikan hingga menutup sempurna. Tunggu hingga 10 menit hingga tepung menyerap bau amis dari ikan, lalu bilas hingga bersih.

7. Mentimun

Parut mentimun secukupnya, lalu balurkan secara merata pada ikan untuk menetralkan bau amisnya. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas di bawah air mengalir.

8. Apel

Iris tipis buah apel secukupnya, kemudian rendam pada air atau minyak yang akan digunakan untuk mengolah ikan. Setelah layu, angkat irisan apel. Larutan apel ini kemudian bisa digunakan untuk membumbui atau memasak ikan karena fungsinya yang bisa menetralisir aroma amis ikan.

9. Susu

Susu memiliki kandungan kasein yang mampu mengikat trimetilamin oksida yang menyebabkan ikan berbau amis. Rendam ikan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Moms bisa menggunakan susu full cream atau UHT rasa plain. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: ikan,   membersihkan ikan,   bau amis ikan