Mother&Baby Indonesia
Minum Susu Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya buat Kesehatan

Minum Susu Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya buat Kesehatan

Sejak kecil, kita telah dibiasakan untuk minum susu. Dan kebiasaan tersebut mungkin berlanjut hingga kita dewasa dan punya anak. Ya, susu memang punya segudang manfaat untuk tubuh kita. Susu mampu mencukupi kebutuhan nutrisi esensial yang diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Umumnya, kita minum susu di pagi hari, sebagai bagian dari menu sarapan sebelum memulai aktivitas. Namun, ada juga yang minum susu di malam hari, menjelang tidur. Kebiasaan minum segelas susu hangat sebelum tidur dipercaya bisa membawa manfaat untuk tubuh. Meskipun begitu, para ahli menyarankan agar susu dikonsumsi 2-3 jam sebelum waktunya tidur.

Nah, dirangkum dari beberapa sumber, berikut sejumlah manfaat yang bisa kita peroleh dengan minum susu sebelum tidur, Moms.



1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Menurut penelitian, susu mengandung asam amino triptofan yang bisa membantu seseorang tidur nyenyak. Triptofan bekerja dengan cara membantu produksi serotonin dan melatonin, dua jenis hormon yang dikenal sebagai zat penenang sehingga membantu relaksasi tubuh dan otak serta mengurangi stres, sehingga Anda lebih mudah tertidur lelap. Kandungan kalsium pada susu juga bisa meningkatkan kinerja serotonin yang membuat kualitas tidur Anda jadi lebih baik.

2. Menunda Lapar dan Menjaga Berat Badan

Sering merasa lapar saat tengah malam, Moms? Saat lapar menyerang, Anda mungkin akan terbangun dari tidur dan langsung menuju dapur atau kulkas untuk mencari makanan apa saja guna mengganjal perut. Jika ini jadi kebiasaan Anda tiap tengah malam, bukan tidak mungkin obesitas bisa mengincar Anda.

Nah, minum susu bisa jadi cara yang baik untuk mengatasi kelaparan tengah malam. Susu bisa memberikan rasa kenyang lebih lama karena kaya akan protein dan nutrisi lainnya yang mampu mencegah lapar dan dapat mempertahankan kadar gula darah sehingga mengurangi risiko Anda terbangun dari tidur malam karena rasa lapar.



3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Minum susu sebelum tidur ternyata bisa memperlancar pencernaan, karena susu akan membantu usus lebih aktif di malam hari sehingga di pagi harinya buang air besar (BAB) jadi lebih lancar. Susu juga diketahui mampu mencegah konstipasi atau sembelit dan masalah saluran pencernaan lainnya.

4. Meningkatkan Berat Badan

Buat Moms atau anggota keluarga Anda yang memiliki tubuh kurus dengan berat badan di bawah rata-rata, Anda bisa menaikkan bobot tubuh secara alami dengan rutin minum susu sebelum tidur. Kandungan protein pada susu berguna untuk menambah berat badan. Namun jangan minum susu terlalu banyak ya, karena bisa berdampak mual di perut.

5. Menjaga Tetap Berenergi saat Bangun di Pagi Hari

Selama kita tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi, sehingga saat bangun di pagi hari Anda mungkin akan merasa kelaparan atau sangat lemas. Untuk menghindari masalah tersebut, Anda bisa minum susu di malam hari. Nutrisi susu yang diserap oleh tubuh akan tersimpan semalaman dan bisa Anda gunakan saat pagi hari. Efeknya, Anda jadi lebih bertenaga, baik untuk memulai aktivitas atau melakukan olahraga pagi.

6. Memudahkan Penyerapan Kalsium

Susu memang kaya akan kalsium yang diperlukan untuk membangun tulang dan gigi yang sehat. Kalsium juga dapat melindungi fungsi otot, sel, dan saraf Anda agar berfungsi dengan baik. Namun tahukah Anda jika malam hari menjadi waktu yang paling optimal bagi tubuh untuk menyerap kalsium? Waktu tidur merupakan saat yang baik bagi tubuh untuk memproses nutrisi dari makanan, salah satunya kalsium untuk memperbaiki jaringan tulang dan otot. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   susu,   minum susu sebelum tidur,   kesehatan