Mother&Baby Indonesia
7 Makanan yang Membuat Rambut Jadi Lebih Sehat

7 Makanan yang Membuat Rambut Jadi Lebih Sehat

Rambut indah dan tebal merupakan impian semua orang, khususnya kaum wanita. Namun untuk memiliki rambut yang sehat bukan hanya diperlukan perawatan khusus, tapi juga asupan gizi yang baik ke dalam tubuh.

Ya, rambut juga membutuhkan nutrisi, lho. Nutrisi bagi rambut tidak hanya didapatkan dari sampo, conditioner, atau produk perawatan rambut lainnya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang juga bisa membuat rambut Anda lebih sehat seperti dilansir dari Healthline.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein dan biotin, dua nutrisi penting yang bisa membantu pertumbuhan rambut Anda. Mengonsumsi makanan tinggi protein dengan porsi yang cukup sangat penting bagi proses pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terdiri dari protein. Jika Anda kekurangan protein maka efeknya adalah rambut kurang sehat dan mudah rontok.



Sementara itu, biotin merupakan unsur penting dalam pembentukan protein rambut yang disebuh keratin. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biotin secara rutin akan membantu mengatasi rambut rontok pada orang-orang yang mengalami defisiensi biotin. Selain mengandung protein dan biotin, telur juga merupakan sumber zinc, selenium, dan nutrisi lainnya sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mampu menunjang kesehatan rambut.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya nutrisi seperti folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C yang berperan penting dalam proses pertumbuhan rambut. Vitamin A membantu kelenjar kulit memproduksi sebum, unsur yang membuat kulit kepala lebih lembap. Perlu diketahui, 30 gram bayam bisa membantu memenuhi 54 persen kebutuhan harian vitamin A.

Bayam juga merupakan sumber zat besi yang membantu sel darah merah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Peredaran darah yang lancar akan membantu memperbaiki metabolisme Anda, sekaligus membantu pertumbuhan serta mengatasi kerusakan rambut.

3. Ikan

Ikan dengan kadar lemak omega-3 yang tinggi, seperti salmon, diyakini memiliki efek yang baik terhadap pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian yang melibatkan 120 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3 dan omega 6 bisa mengurangi kerontokan rambut dan menambah ketebalannya.

Meski masih perlu diteliti lebih lanjut, toh tak ada salahnya Anda rutin mengonsumsi ikan. Selain bermanfaat bagi rambut, ikan juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.



4. Ubi

Jangan anggap remeh makanan yang satu ini, ya. Ubi ternyata mengandung beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan diyakini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Vitamin A juga membuat rambut Anda lebih cepat tumbuh dan mencegahnya rontok.

5. Alpukat

Alpukat merupakan sumber vitamin E yang juga bermanfaat bagi pertumbuhan rambut. Seperti halnya vitamin C, vitamin E yang terkandung dalam alpukat adalah jenis antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Dalam salah satu penelitian disebutkan bahwa orang yang memiliki masalah kerontokan akan mengalami pertumbuhan rambut lebih cepat 34,5 persen setelah mengonsumsi suplemen vitamin E selama 8 bulan.

Sebagai catatan, vitamin E juga mampu melindungi area kulit kepala dari stres dan kerusakan. Kulit kepala yang rusak nantinya akan memengaruhi kualitas rambut Anda.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sudah lama dikenal sebagai sumber vitamin E. Selain itu, kacang-kacangan juga biasanya mengandung vitamin B, zinc, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan serta rambut rontok.

7. Daging

Selain kaya protein, daging juga mengandung nutrisi penting yang menunjang kesehatan tubuh Anda, termasuk kesehatan rambut. Protein yang terkandung dalam daging bisa membantu pertumbuhan rambut, serta memperbaiki dan memperkuat folikel rambut. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: rambut,   nutrisi,   rambut sehat