Mother&Baby Indonesia
7 Makanan dan Minuman yang Bantu Turunkan Demam Anak

7 Makanan dan Minuman yang Bantu Turunkan Demam Anak

Sebagai orang tua, wajar jika Moms merasa sangat khawatir saat Si Kecil mengalami demam. Meskipun begitu, demam bukanlah penyakit. Suhu tubuh yang tinggi merupakan respons alami tubuh sedang memerangi infeksi yang ingin menyerang sistem imunitas anak.

Saat demam, Si Kecil akan terlihat lemas dan kurang bersemangat. Ia juga biasanya enggan makan dan minum. Namun, Moms harus bisa memastikan asupan nutrisi Si Kecil tetap terpenuhi dengan baik.

Untuk meredakan demam pada anak, Anda tidak melulu harus langsung memberikan Si Kecil obat penurun demam, Moms. Salah satu solusi mengatasi demam adalah mengonsumsi asupan makanan yang bergizi seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan guna mempercepat pemulihan.



Nah, berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu Anda dalam menangani demam anak. Berikan pada Si Kecil untuk dikonsumsi guna membantu menurunkan demamnya, ya.

1. Sup Ayam

Saat anak demam, berikan ia makanan kaya protein agar dapat memberikan energi tambahan untuk meningkatkan sistem kekebalan sehingga mampu melawan virus dan bakteri penyebab demam. Makanan kaya protein juga bisa membantu mempercepat proses pemulihan setelah suhu tubuh anak kembali normal.

Sup ayam bisa jadi pilihan. Selain rasanya enak dan mudah dicerna anak, makanan ini juga kaya protein dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi. Makanan ini juga tinggi kandungan air sehingga bisa memberikan asupan cairan dan elektrolit yang baik untuk hidrasi dan bermanfaat untuk anak yang demam.

2. Madu

Madu punya segudang khasiat yang bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Karena itu, madu cocok untuk diberikan pada anak yang sedang mengalami demam. Moms bisa berikan madu secara langsung pada Si Kecil, atau bisa mencampurkannya dengan teh. Tapi ingat, jika yang demam adalah bayi di bawah usia 12 bulan, jangan berikan madu untuknya ya, karena ia bisa berisiko terkena botulisme.



3. Buah-buahan

Memberikan buah-buahan segar saat anak demam dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya sekaligus menurunkan suhu tubuh menjadi normal. Moms bisa berikan semangka yang kaya nutrisi dan air guna membantu Si Kecil tetap terhidrasi dan mempercepat proses pemulihan dan metabolisme energi dalam tubuh. Atau bisa juga berikan jeruk yang kaya vitamin C untuk membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Air Kelapa

Saat demam, tubuh anak bisa kehilangan banyak cairan tanpa disadari. Untuk itu, berikan minuman yang bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang, misalnya air kelapa. Tidak sekadar membuat tubuh Si Kecil terhidrasi kembali dengan baik, air kelapa juga mengandung berbagai jenis mineral elektrolit yang dapat menurunkan demam dengan cepat.

5. Yoghurt

Yoghurt yang kaya probiotik juga bisa menjadi pilihan untuk diberikan pada anak saat ia demam. Makanan probiotik dapat membantu menurunkan demam pada anak. Ini karena kandungan bakteri baiknya mampu menjaga keseimbangan bakteri pada usus.

6. Teh Hangat

Teh hangat bisa menjadi pelengkap menu untuk diberikan pada anak yang demam. Pasalnya, teh mengandung polifenol, senyawa yang bisa membantu tubuh melawan infeksi. Teh juga pilihan tepat jika anak demam disertai batuk dan pilek. Moms bisa tambahkan lemon atau madu yang juga berkhasiat ke dalam teh Si Kecil.

7. Oatmeal

Saat demam, anak mungkin akan kesulitan mencerna makanan. Berikan Si Kecil makanan yang lunak, seperti oatmeal agar ia mudah mencernanya. Oatmeal kaya akan nutrisi yang bisa membantu anak mengatasi demam. Untuk memberikan rasa, Moms bisa tambahkan potongan buah berry ke dalam oatmeal. Berry mengandung flavonoid yang disebut quercetin yang membantu meredakan demam. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   demam,   nutrisi,   anak demam,   makanan penurun demam