Mother&Baby Indonesia
Biar Tetap Enak, Buah Ini Tidak Harus Disimpan di Kulkas

Biar Tetap Enak, Buah Ini Tidak Harus Disimpan di Kulkas

Pernahkah Moms merasa heran saat melihat kondisi buah yang semakin memburuk saat disimpan di dalam kulkas? Nah, kemungkinan besar buah tersebut termasuk dalam jenis yang sebenarnya tidak harus disimpan di kulkas.

Menikmati buah dalam keadaan segar merupakan hal yang esensial, terutama buat Si Kecil, karena dengan demikian tubuhnya dapat menyerap secara optimal beragam nutrisi serta vitamin dari buah yang menyehatkan.

Buah yang fresh dan memiliki warna cerah juga membantu menggugah selera anak untuk tertarik mengonsumsinya. Tetapi, tidak semua buah harus dimasukkan ke dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya, Moms. Berikut ini beberapa jenis buah yang bisa Anda taruh di luar kulkas namun tetap terasa enak saat dimakan.



Alpukat

Hindari menyimpan buah alpukat yang masih dalam keadaan mentah di dalam lemari es. Buah ini justru sebaiknya Moms letakkan di atas meja dapur ataupun rak penyimpanan dengan suhu udara normal. Alpukat boleh saja disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari saat mulai terasa lembut. Namun, akan lebih baik untuk dikonsumsi segera agar tetap terasa lezat saat dimakan.

Melon

Menyimpan melon yang masih dalam keadaan utuh di dalam kulkas justru bisa membuat dagingnya menjadi pucat. Hal ini dikarenakan suhu kulkas bisa menghilangkan antioksidan yang dimiliki buah tersebut. Terkecuali untuk melon sudah dipotong namun belum habis dikonsumsi, dalam kasus seperti ini, Moms boleh saja menaruhnya di lemari es.

Tomat

Menyimpan tomat di dalam kulkas bisa menghambat proses kematangan buah dan mengubah teksturnya menjadi lembek. Suhu yang dingin justru merusak aktivitas gen, terutama enzim yang bermanfaat membuat tomat terasa manis dan mengeluarkan aroma segar.

Pisang

Termasuk dalam jenis buah tropis, pisang dianggap sensitif jika berada di suhu udara yang dingin. Maka dari itu, kemungkinan besar buah ini akan mengalami perubahan warna saat diletakkan di dalam kulkas. Perubahan terjadi karena melambatnya aliran udara bagi pisang yang belum dikupas. Akibatnya daging pisang terasa kurang lezat karena kandungan vitamin C di dalamnya telah hilang ketika disimpan dalam lemari es.



Jeruk

Buah sejenis jeruk, maupun jeruk nipis akan lebih baik jika disimpan dalam kondisi suhu ruang. Jika buah ini ditaruh di kulkas, kulitnya akan berubah menjadi kering dan keras. Akibatnya kandungan airnya pun menyusut dan jeruk menjadi terlalu kering untuk dikonsumsi.

Mangga

Cara jitu untuk menjaga kondisi mangga yang disimpan dalam kulkas adalah dengan melapisinya menggunakan plastik guna terhindar dari aroma serta udara yang bersarang di dalam kulkas. Jika tidak dilapisi seperti ini, rasa manis pada mangga bisa berubah menjadi tawar setelah beberapa lama ditaruh di dalam kulkas.

Pepaya

Jika pepaya yang belum matang Moms taruh di lemari es, buah tersebut bisa menjadi kering dan terasa kurang enak saat dimakan. Ini dikarenakan suhu dingin membuat proses pematangan jadi lebih lambat. 

Persik

Tipisnya kulit buah persik membuatnya rentan jadi lembek saat ditaruh dalam lemari es. Agar lebih awet dan menjaga kandungan air serta serat di dalamnya, simpanlah buah ini di luar kulkas, terutama yang belum matang. (Oktavia Putri/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah,   nutrisi