Mother&Baby Indonesia
Selain Bikin Happy, Ini Manfaat Mengejutkan Makan Durian

Selain Bikin Happy, Ini Manfaat Mengejutkan Makan Durian

Durian merupakan salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, saat musim durian tiba, masyarakat biasanya berkerumun memenuhi lapak penjual durian untuk membeli buah yang disebut king of fruits atau raja dari segala buah. Meski demikian, tidak sedikit pula orang yang membenci buah satu ini, apalagi dengan baunya yang kuat dan menyengat.

Namun, terlepas dari banyak yang menggemari atau membenci buah berduri ini, durian ternyata memiliki berbagai manfaat mengejutkan untuk kesehatan. Nah, bagi Moms yang menggemari buah durian, tentu Anda penasaran kan, ingin mengetahui apa saja ya, manfaat makan buah durian?

1. Sebagai Sumber Energi

Durian mengandung karbohidrat yang tinggi, yang dapat memberikan pelepasan energi dengan cepat sehingga membuat Anda tetap kuat selama berolahraga. Maka, menjadikan durian sebagai camilan sebelum melakukan olahraga bisa menjadi pilihan Anda.



2. Bikin Happy

Daging buah durian yang nikmat dan bertekstur lembut bukan satu-satunya hal yang bisa membuat seseorang senang saat memakannya, namun ada kandungan zat kimia pada buah durian yang ternyata dapat memberikan efek senang atau merasa lebih baik

Durian diketahui mengandung asam amino triptofan yang diubah menjadi serotonin, yaitu sebuah neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa bahagia dan rileks. Maka tak heran setelah makan durian suasana hati Anda akan membaik.

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Semakin tinggi kadar melatonin (hormon yang dapat mengontrol siklus tidur) yang ada pada tubuh, maka semakin baik pula kualitas tidur seseorang. Durian diketahui mengandung triptofan, yaitu asam amino esensial yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar melatonin. Nah dengan mengonsumsi durian Anda bisa mendapatkan kulitas tidur yang lebih baik dan membantu Anda tidur nyenyak.

4. Mencegah Timbulnya Pigmentasi dan Kerutan di Kulit

Dibandingkan buah tropis lainnya, durian memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di tubuh Anda, sehingga dapat mengurangi dan mencegah munculnya pigmentasi dan kerutan di kulit.



5. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Dengan mengonsumsi durian, Anda dapat mengontrol tekanan darah karena durian kaya akan potasium, yaitu elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Durian mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Selain itu, dalam sebuah penelitian tabung juga ditemukan bahwa ekstrak durian dapat mencegah strain sel kanker payudara menyebar.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Durian kaya akan mineral, seperti zat besi, tembaga, dan kalium, yang semuanya penting untuk menjaga kekuatan tulang. Sebuah studi yang dilakukan National Center for Biotechnology Information di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi asupan zat besi yang lebih tinggi juga membantu meningkatkan kepadatan tulang. Mineral esensial ini juga diketahui dapat membantu mencegah osteoporosis.

8. Menurunkan Gula Darah

Durian memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Sehingga mengonsumsi durian diyakini dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: durian,   nutrisi,   kesehatan