Mother&Baby Indonesia
Kenali Ragam Rempah Eropa untuk Penambah Rasa MPASI

Kenali Ragam Rempah Eropa untuk Penambah Rasa MPASI

Di awal pemberian MPASI, Moms dianjurkan untuk memberikan menu yang memiliki rasa asli dari bahan yang digunakan. Namun setelah beberapa bulan, anak bisa saja merasa bosan dengan makanan yang diolah terlalu sederhana, sehingga dianggap hambar atau bahkan tidak enak olehnya.

Untuk menciptakan sebuah makanan dengan rasa yang lezat, Moms bisa menggunakan penambah rasa dari rempah-rempah. Jika rempah Indonesia memiliki aroma dan cita rasa yang kuat, ragam jenis rempah dari Eropa berikut ini tidaklah terlalu tajam dan bisa Anda campurkan ke dalam MPASI Si Kecil, Moms.

Rosemary

Rempah satu ini memiliki aroma yang wangi dan khas untuk dijadikan bumbu. Rosemary bisa digunakan dalam bentuk serbuk kering dan segar. Biasanya dicampurkan pada bumbu rendaman ayam, daging, atau ikan.



Oregano

Moms pasti sudah tahu nama rempah oregano yang biasa dipakai sebagai topping pizza. Selain itu, rempah yang bisa dipakai dalam bentuk kering atau segar ini juga bisa ditambahkan dalam olahan pasta, sup, atau stik. Manfaatnya tak hanya sebagai penambah rasa, tetapi juga membantu mengatasi masalah pencernaan, meringankan migrain, dan bersifat antiseptik.

Bay Leaf/Laurier Leaf

Sebagian orang menganggap bay leaf adalah daun salam, namun keduanya memiliki rasa yang berbeda. Bay leaf memiliki aroma yang tidak terlalu tajam dan bisa menggugah selera makan. Rempah ini biasa digunakan dalam hidangan daging panggang, unggas, atau olahan seafood.




Basil

Rempah lain yang juga mirip dengan rempah dari Indonesia adalah basil. Aromanya serupa dengan daun kemangi, namun lebih lembut. Moms bisa menambahkannya dalam sup, aneka olahan pasta, atau juga menu sayur lainnya.

Dill

Moms mungkin jarang mendengar rempah yang biasa digunakan untuk menghilangkan aroma amis dari olahan seafood ini. Daun dill berasal dari Eropa Selatan dan juga tumbuh di Asia Barat. Anda bisa menambahkannya dalam olahan kentang, saus salad, atau saat mengolah acar.

Tarragon

MPASI Si Kecil akan memiliki cita rasa lebih jika ditambahkan dengan tarragon. Rempah khas Eropa ini memiliki aroma yang khas dan cocok untuk menu olahan telur dan juga seafood. Selain dijadikan sebagai bumbu atau campuran saus, tarragon juga memiliki manfaat untuk meredakan sakit gigi dan sakit kepala, serta mencegah infeksi usus pada anak-anak.

Fennel

Moms pernah menggunakan adas dalam masakan? Adas sendiri adalah biji dari rempah Eropa bernama fennel. Tanaman ini bisa dijadikan tambahan bumbu pada olahan seafood, daging, unggas, maupun roti untuk MPASI Si Kecil. Umbi semunya menyerupai daun bawang bisa Anda jadikan sup atau tumisan sayur. Meski beraroma khas, namun ada rasa sedikit pedas yang mungkin bisa melatih indra perasa anak. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   rempah,   mpasi,   bayi,   anak