Mother&Baby Indonesia
Selain Melawan Penuaan, Ini Manfaat Lain Jus Mengkudu

Selain Melawan Penuaan, Ini Manfaat Lain Jus Mengkudu

Moms, Anda ingin punya kulit sehat dan mulus seperti model cantik Miranda Kerr? Bila ya, mungkin Anda bisa mengonsumsi jus mengkudu! Model asal Australia ini diketahui sudah mengonsumsi jus mengkudu sejak ia remaja. Menurutnya, jus mengkudu tidak hanya memiliki manfaat yang baik bagi kulit, namun juga untuk kesehatan lho, Moms.

Meski memiliki bau yang tak sedap dan memiliki rasa yang pahit, jenis buah satu ini memang sering digunakan sebagai bahan obat-obatan atau untuk pengobatan tradisional. Bila tidak dikonsumsi secara mentah atau langsung, Moms bisa mengonsumsi buah ini dengan cara dibuat sebagai jus. Nah, jus mengkudu ini tentunya juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja, ya?

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu kaya akan vitamin C yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, buah satu ini juga kaya antioksidan seperti betakaroten yang juga dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.



2. Meningkatkan Daya Tahan Fisik

Beberapa penelitian menunjukkan efek positif dari minum jus mengkudu pada ketahanan fisik, khususnya selama berolahraga. Dari sebuah studi yang dilakukan selama 3 minggu ditemukan bahwa pelari jarak jauh yang diberikan 100 ml jus mengkudu dua kali sehari mengalami peningkatan sebanyak 21% dalam rata-rata waktu kelelahan, yang menunjukkan peningkatan daya tahan.

Peningkatan daya tahan fisik ini dikaitkan dengan antioksidan yang ada pada jus mengkudu yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selama latihan.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Jus mengkudu memiliki potensi untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda dan mengurangi kemungkinan Anda mengalami kondisi neurodegeneratif seiring bertambahnya usia. Selain karena kuatnya kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan neuron, ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Jus mengkudu kaya akan berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan kulit Anda dan juga bisa dijadikan sebagai pelembap untuk kulit. Jus mengkudu juga secara tradisional digunakan untuk mengatasi eczema dan psoriasis.

5. Melawaan Penuaan

Sebagai wanita tentu penting bagi kita untuk merawat kulit agar tetap sehat dan awet muda. Mengonsumsi jus mengkudu yang kaya akan kandungan vitamin C dan selenium dapat membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit, dan melawan efek buruk penuaan.



6. Mengurangi Stres

Jus mengkudu dapat membantu Anda mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif. Untuk dapat merasakan khasiatnya barengi pula dengan rutin berlatih yoga atau meditasi selama mengonsumsi jus mengkudu.

7. Mengurangi Kerusakan Sel Akibat Asap Rokok

Paparan asap rokok (tembakau) menghasilkan radikal bebas yang berbahaya. Bila jumlahnya berlebihan, ini dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan stres oksidatif. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti jus mengkudu, dapat mengurangi stres oksidatif

8. Menurunkan Kadar Kolesterol pada Perokok Aktif

Jus mengkudu baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Sebuah studi yang dilakukan pada perokok aktif menunjukkan bahwa minum hingga 188 ml jus mengkudu per hari selama 1 bulan dapat mengurangi kolesterol total, kadar kolesterol buruk secara signifikan. Para peneliti menduga bahwa antioksidan pada jus mengkudu dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi yang disebabkan oleh merokok.

9. Mengurangi Rasa Sakit pada Penderita Artritis

Buah mengkudu sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengurangi rasa sakit pada penderita artritis atau radang sendi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jus mengkudu dalam jumlah dan kurun waktu tertentu dapat mengurangi rasa sakit pada penderita artritis degeneratif pada tulang belakang dan penderita osteoartritis.

10. Mencegah Kanker

Jus mengkudu diketahui banyak mengandung nutrisi untuk mencegah kanker. Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Komplementer dan Integratif, buah mengkudu telah menunjukkan sifat yang dapat merangsang kekebalan dan melawan tumor.(Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: mengkudu,   jus mengkudu,   kesehatan,   nutrisi